BWF akan Berlakukan Peraturan Servis Baru

Rendy Renuki H    •    30 November 2017 21:42 WIB
bulu tangkis
BWF akan Berlakukan Peraturan Servis Baru
Pebulu tangkis putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti saat melakukan servis (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Jakarta: Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akan memberlakukan peraturan servis baru. Peraturan baru tersebut rencananya akan digunakan pada ajang All England 2018 mendatang.

Dalam statemen resminya, BWF akan memberlakukan peraturan baru saat servis, kok tak boleh terlalu tinggi. Pemain yang melakukan servis, harus memegang kok setidaknya di bawah 1,15 meter dari permukaan lapangan.

"Keseluruhan kok harus berada di bawah 1,15 meter dari permukaan lapangan pada saat dipukul oleh si server," bunyi pernyataan BWF yang dikutip dari Sportskeeda.

Baca: Persiapan Marcus/Kevin untuk Dubai World Super Series


Peraturan tersebut menggatikan aturan servis lama yang biasa diperagakan pebulu tangkis. Peraturan sebelumnya adalah kok harus berada di bawah pinggang server saat dipukul.

Tak ada ukuran baku bagi pemukul memegang kok saat melakukan servis. Tepatnya, tinggi maksimum adalah mengacu kepada bagian terendah tulang rusuk seorang server.

Selain di ajang All England 2018, BWF rencananya akan memakai aturan servis baru itu di beberapa ajang lain. Di antaranya ajang Thomas dan Uber Cup dan Kejuaraan Dunia BWF di Nanjing pada 2018 nanti.

 


(REN)