Thailand Open Grand Prix Gold 2016

Taklukkan Wakil Thailand, Tunggal Putra Indonesia Tembus 16-Besar

Rendy Renuki H    •    05 Oktober 2016 20:47 WIB
bulu tangkis
Taklukkan Wakil Thailand, Tunggal Putra Indonesia Tembus 16-Besar
Tunggal putra Indonesia Panji Ahmad Maulana (Dok. PBSI)

Metrotvnews.com, Bangkok: Tunggal putra Indonesia Panji Ahmad Maulana berhasil menembus babak 16-besar Thailand Open Grand Prix Gold 2016 usai menaklukkan wakil tuan rumah, Khosit Phetpradab, Rabu 5 Oktober. Panji menang atas unggulan keempatbelas tersebut dua set langsung 21-17, 21-16 di babak kedua. 
 
Phetpradab yang penampilan tengah menanjak sempat mengalahkan pemain top dunia di ajang Japan Open Super Series 2016. Namun Panji memupuskan harapan Phetpradab dan merebut tiket babak 16 besar yang akan dilangsungkan besok, Kamis 6 Oktober di National Stadium.
 
Bermain dengan tempo cepat, Panji unggul di bola-bola depan net. Hal ini menjadikannya lebih mudah untuk mengatur pergerakan Phetpradab meski sempat menyusul hingga kedudukan imbang 15-15 di set pertama sebelum menang 21-17.
 
(Baca: Riky/Gloria Belum Terbendung)

Di game kedua, Panji tampil lebih sabar dan mengontrol arah bola dengan hati-hati. Salah mengembalikan bola bisa berakibat fatal, apalagi Phetpradab punya smash keras yang tajam. Panji tampil lebih konsisten hingga akhir game, sebaliknya, Phetpradab justru banyak melakukan kesalahan sendiri.
 
“Saya menganggap pertandingan ini sebagai latihan, jadi saya tidak terlau memikirkan lawan. Walaupun sekarang lawan sedang bagus dan didukung penonton, ya cuek aja sih. Saya bisa menikmati permainan, lebih tenang dan fokus. Saya merasa bisa mengeluarkan kemampuan saya,” ungkap Panji di situs resmi PBSI.
 
“Secara teknik, saya banyak mengarahkan bola-bola ke belakang dan mempercepat pergerakan di depan net. Sebetulnya tidak menyangka juga akan menang dua game langsung,” tutur pemain kelahiran Tasikmalaya, 21 Juli 1997 ini.
 
Pada babak 16-besar, Panji akan kembali ditantang wakil tuan rumah, sekaligus pemain yang mengalahkan rekannya, Muhammad Bayu Pangisthu di babak pertama, yaitu Tanongsak Saensomboonsuk.
 
“Pokoknya jangan takut duluan, malam ini saya akan mempelajari permainan dia seperti apa. Soal strategi, saya akan lihat kondisi di lapangan dulu dan mencoba beberapa strategi. Kalau sesuai, dilanjutkan. Kalau tidak, ganti strategi lain,” ungkapnya.
 
Masih ada lima tunggal putra Indonesia yang akan bertanding. Mereka adalah Firman Abdul Kholik, Sony Dwi Kuncoro, Shesar Hiren Rhustavito, Wisnu Yuli Prasetyo dan Vicky Angga Saputra. (Badmintonindonesia.org)

Video: Sean Gelael: Hasil Balapan di Sepang Mengecewakan
 


(REN)