Dubai World Super Series Finals (DWSSF) 2017

Bungkam Wakil Tiongkok, Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal

Kautsar Halim    •    15 Desember 2017 19:07 WIB
bulu tangkis
Bungkam Wakil Tiongkok, Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal
Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: Humas PBSI)

Dubai: Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil melangkah ke semifinal Dubai World Super Series Finals (DWSSF) 2017. Tren positif itu mereka raih setelah bertanding sengit kontra Li Junhui/Liu Yuchen asal Tiongkok, Jumat 15 Desember.

Marcus/Kevin dipertemukan dengan Li/Liu di laga pamungkas fase penyisihan Grup A. Keduanya sama-sama tampil agresif karena hasil pertandingannya bisa berpengaruh besar terhadap asa mereka untuk meraih satu tiket semifinal yang masih tersisa.

Marcus/Kevin yang berstatus sebagai ganda putra terbaik dunia harus rela tertinggal lebih dulu pada game pertama dengan skor, 19-21. Li/Liu terlihat bisa leluasa mendapatkan poin karena Marcus/Kevin sering melakukan kesalahan sendiri.


Klik: Kata Praveen/Debby setelah Terhempas sebagai Juru Kunci


Memasuki game kedua, permainan Marcus/Kevin membaik. Pertahanan keduanya tetap kokoh meskipun Li/Liu menempel ketat dalam raihan poin. Beruntung, Marcus/Kevin tampil lebih konsisten saat memasuki poin-poin akhir, dan game kedua pun bisa ditutup dengan skor, 21-16. 

Dengan dilanjutkan laga lewat rubber game, sejatinya tiket semifinal sudah berada di tangan Marcus/Kevin. Itu terjadi karena keduanya sudah unggul secara poin di klasemen akhir Grup A. Kendati demikian, Marcus/Kevin tetap tampil maksimal untuk memenangkan laga pada game tiga.
 

Klik: Ditaklukkan Wang/Huang, Tontowi/Liliyana Klaim Tidak Mengalah


Tidak ada perubahan berarti dalam pola permainan kedua pasangan saat memainkan game ketiga. Permainan cepat dengan smes-smes keras masih kerap dilakukan untuk meraih poin. Namun, permainan Li/Liu baru mulai kendur saat menginjak poin 14-14 dan laga pun bisa ditutup Marcus/Kevin dengan skor, 21-18.

Hasil laga ini sekaligus juga membuat rekor pertemuan Marcus/Kevin dengan Li/Liu menjadi, 5-1. Li/Liu memang belum pernah menang dengan Marcus/Kevin dalam empat pertemuan terakhirnya.

Marcus/Kevin merupakan wakil kedua Indonesia yang lolos ke semifinal. Sebelum ada Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang melaju untuk mewakili nomor ganda campuran. Sayangnya, Praveen Jordan/Debby Susanto harus gugur dengan status juru kunci.





(KAU)