Malaysia Open 2019

Malaysia Open 2019: Penyebab Kekalahan Jonatan Christie dari Chen Long

Kautsar Halim    •    06 April 2019 17:22 WIB
bulu tangkis
Malaysia Open 2019: Penyebab Kekalahan Jonatan Christie dari Chen Long
Suasana laga Jonatan Christie vs Chen Long. (Foto: Humas PBSI)

Jonatan Christie sempat tampil menawan dengan merebut game pertama lebih dulu ketika menghadapi Chen Long. Sayangnya, dia tidak berdaya pada dua game selanjutnya.

Kuala Lumpur:
Jonatan Christie masih gagal menjuarai Malaysia Open 2019. Langkahnya terhenti di semifinal setelah bertanding kontra mantan tunggal putra terbaik asal Tiongkok, Chen Long.

Pertandingannya berlangsung menarik di Axiata Arena, Kuala Lumpur Sports City, Sabtu 6 April. Jonatan sempat merebut game pertama lebih dulu sebelum akhirnya tak berdaya pada dua game selanjutnya.

Chen memang membuktikan diri punya pengalaman dan mentalitas bertanding yang lebih baik. Jonatan dibuatnya sering melakukan kesalahan sendiri sehingga laga bisa dia tutup dengan skor, 21-12, 10-21 dan 15-21.
 

Klik: Chen Long Masih Terlalu Tangguh untuk Jonatan Christie


Hasil ini menjadi kekalahan ketujuh Jonatan dari Chen. Sebelumnya, Jojo--sapaan Jonatan juga kalah pada Malaysia Masters 2019 yang bergulir Januari lalu. 

Berbicara seusai laga, Jonatan mengatakan sudah memprediksi bakal kerepotan apabila bertemu dengan Chen Long. Tapi, dia mengklaim sudah berusah maksimal untuk memberikan yang terbaik.

“Saya bisa bermain cukup baik pada game pertama karena kalah angin dan membuat Chen Long sering melakukan kesalahan sendiri. Tapi saat pindah tempat dan menang angin, dia jadi lebih enak bertahannya," kata Jonatan seperti dikutip dari rilis Humas PBSI. 

"Saya merasa angin di sini sedikit menganggu pukulan saya. Saya jadi banyak melakukan kesalahan sendiri dan tampil buru-buru juga," tambahnya.

"Meski begitu secara keseluruhan, saya sudah cukup puas dengan performa ini meskipun hasilnya belum maksimal,” lanjut pemilik medali emas Asian Games 2018 tersebut.
 

Klik: Evaluasi Tontowi/Winny atas Kegagalan di Malaysia Open 2019


Meski gagal juara, Jonatan memang pantas bangga atas pencapaiannya di Malaysia Open 2019 . Pasalnya, dia mampu melaju ke semifinal setelah mengalahkan para tunggal putra kelas dunia seperti Kento Momota (Jepang) dan Viktor Axelsen (Denmark).

Menurut Jonatan, setiap lawan tangguh yang dihadapi punya karakter berbeda. Kalau Chen Long, katanya, mampu tampil lebih tenang ketimbang Axelsen.

“Chen Long sudah lebih percaya diri untuk menghadapi saya. Kemudian saya rasa dia jauh lebih tenang dibanding Viktor Axelsen. Pola permainan saya beberapa kali patah saat berhadapan dengan Chen Long," pungkas Jonatan.

Peluang Indonesia mencuri gelar juara belum tertutup dengan gugurnya Jonatan. Sebab, masih ada ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang lolos ke semifinal untuk menghadapi juara bertahan, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.




(KAU)