Asian Games 2018

Kata Pelatih Ganda Putra Soal All-Indonesian Final

M. Rizky Adhestian    •    27 Agustus 2018 21:47 WIB
bulu tangkisasian gamesasian games 2018
Kata Pelatih Ganda Putra Soal All-Indonesian Final
Alfian Fajar/Ardianto Muhammad Rian saat rehat disela pertandingan melawan pebulu tangkis ganda Cina Liu Cheng/Zhang Nan. (Foto: MI/Ramdani)

Jakarta: Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, puas dengan pencapaian anak-anak asuhnya hingga menguasai dua tempat di final. Ia mengaku akan menikmati pertandingan tersebut ketimbang melakukan coaching.

Dua ganda putra Indonesia sukses membuat final nomor ganda putra bertajuk All-Indonesian. Ini memastikan ganda putra Indonesia akan menyumbang satu medali emas.

Pasangan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto duluan memastikan tempat di final. Sebelumnya, mereka mampu menaklukkan ganda putra Tiongkok, Li Junhui dan Liu Yuchen, pada Senin 27 Agustus, lewat tiga game dengan skor 21-14, 19-21, 21-13.

Di hari yang sama, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo mampu meraih prestasi serupa. Duo Minions ikut meraih final usai membungkam ganda putra China Taipei, Lee Jhehuei dan Lee Yang, lewat tiga game dengan skor 21-15, 20-22, 21-12.

"Pertama saya ucapkan terima kasih kepada kedua ganda putra karena bisa memberikan kado untuk ulang tahun saya, medali emas. Sudah lama tidak All-Indonesian final, khususnya di Asian Games. Ini keinginan dan cita-cita saya sebagai pelatih. Terima kasih," kata Herry di Jakarta pada Selasa (27/8).

"Sama-sama anak asuh (di final), jadi saya nikmatin saja sambil di atas ngopi. Selesai itu pasti ada evaluasi kekurangan di mana,  kelebihan di mana. Setelah Asian Games harus persiapan ke Jepang dan Cina. Harus selalu konsisten terus-menerus, fokus latihan, itu yg bisa saya berikan. Kalau teknis dan strategi (saya serahkan pada) masing-masing mereka mainnya. Sama-sama satu tim satu pelatih," lanjut dia.

Sementara itu, nomor tunggal putra gagal mencatatkan All-Indonesian final. Pasalnya, Anthony Sinisuka Ginting tak mampu menyusul Jonatan Christie ke final.

Video: All Indonesian Final Terjadi di Ganda Putra Bulu Tangkis
 


(RIZ)