Piala Sudirman 2017

Kata Choi/Chae Usai Menentukan Kemenangan Korea Selatan atas Tiongkok

Kautsar Halim    •    28 Mei 2017 21:46 WIB
bulu tangkispiala sudirman
Kata Choi/Chae Usai Menentukan Kemenangan Korea Selatan atas Tiongkok
Chae Yoo Jung (kanan) dan Choi Solgyu (kanan). (AFP PHOTO/Patrick Hamilton)

Metrotvnews.com, Gold Coast: Ganda campuran Korea Selatan Choi Solgyu/Chae Yoo Jung tampil mengejutkan ketika memainkan laga pamungkas final Piala Sudirman 2017. Meski tidak diunggulkan, keduanya tetap mampu mengalahkan lawannya yang di atas kertas terbukti lebih kuat.

Choi/Solgyu berstatus sebagai pemilik ranking 14 dunia ketika bergabung dengan tim bulu tangkis Korea Selatan di ajang Piala Sudirman 2017. Penampilan mereka dianggap sebelah mata karena sempat dikalahkan ganda campuran Thailand pada semifinal.


Klik: Ferrari Berjaya di Monaco, Debut Button Berantakan


Namun, persepsi negatif itu tidak bertahan lama. Pasalnya, Choi/Chae malah menjadi penentu kemenangan ketika dimainkan pada final kontra Tiongkok, Minggu 28 Mei. 

Saat itu, keduanya yang tampil di laga kelima berhasil menekuk ganda campuran terbaik kedua dunia, Lu Kai/Huang Yaqiong, dengan skor 21-17 dan 21-13. Kemenangan tersebut membuat Korea Selatan menutup laga dengan skor, 3-2.

"Saya memang kecewa dengan penampilan di perempat final dan semifinal. Hasil itu bahkan membuat kami kehilangan kepercayaan diri," kata Chae Yoo Jung usai mengangkat trofi kemenangan.

"Tetapi pelatih dan rekan-rekan terus memberikan semangat hingga kami bisa berpikir positif untuk memenangkan pertandingan. Mereka memang selalu ada untuk mendukung kami," tambahnya.

Berkat kemenangan Choi/Chae, Korea Selatan bisa mengangkat trofi Piala Sudirman yang keempat. Gelar juara itu tidak sering mereka dapat karena terakhir kali diraih pada 2003 atau 14 tahun silam. (RO)




(KAU)