PBSI

PBSI Belum Butuh Pelatih Asing

Media Indonesia    •    18 Juli 2017 11:05 WIB
bulu tangkis
PBSI Belum Butuh Pelatih Asing
Suasana latihan di Pelatnas PBSI. (Foto: MI/Bary Fathahilah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejayaan Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis dalam beberapa tahun terakhir ini memang redup. Praktis, hanya sektor ganda yang masih bisa diharapkan. Itu pun hanya dari sektor ganda putra dan ganda campuran, sedangkan ganda putri belum mampu bersaing.

Menurut legenda bulu tangkis nasional Christian Hadinata, mencetak atlet yang bagus sangat tergantung kualitas pelatihnya.

"Idealnya baik pelatih maupun atlet sama-sama bagus. Namun, pelatih tidak bagus juga masih bisa asalkan atletnya bagus. Berat jika pelatih bagus, tapi atlet tidak bagus," kata Christian.

Christian enggan berpendapat ketika ditanya kualitas pelatih bulu tangkis sekarang ini. Namun, dia mengatakan yang ada sekarang sudah sangat bagus. "Terbukti ada juara meski baru di sektor ganda. Atletnya juga bagus-bagus. Kalau tidak, mustahil bisa masuk pelatnas," sambungnya.

Baca: Alvaro Bautista Perpanjang Masa Bakti di Aspar


Sementara itu, Sekjen PBSI Achmad Budiharto mengatakan bulu tangkis Indonesia sebenarnya sedang naik daun dan kondisinya ada banyak pelatih dan atlet yang berkualitas. Bahkan ada beberapa pelatih yang ditarik negara lain. Begitu juga dengan pemain yang dipasangkan dengan pemain asing.

"Reony Mainaky, misalnya, kini melatih di Jepang. PBSI sudah lama berusaha ingin mengajak dia kembali, tapi oleh Jepang ditahan karena untuk kepentingan di Olimpiade 2020 di Tokyo. Itu bukti bahwa negara lain yakin dengan kualitas bulu tangkis Indonesia," jelas Achmad.

Dia menilai Indonesia tidak butuh pelatih asing untuk memunculkan pemain yang bagus. Kendati demikian, tidak boleh juga menutup diri dan menolak metode yang berasal dari luar negeri.

Baca: Demi Gelar Juara Dunia, Chong Wei Batal Ikut Selandia Baru Open


Pelatih asing menurut Achmad bisa saja direkrut untuk menjadi pembanding dan mempelajari teknik baru. Soal banyaknya pemain bulu tangkis yang akhirnya menjadi pelatih seperti Christian (Hadinata), Achmad merasa itu sah-sah saja karena memang merekalah yang tahu soal bulu tangkis Indonesia.

Namun, dia mengingatkan tidak semua pemain berprestasi bisa menjadi pelatih yang baik. Salah satu pebulu tatangkis spesialis ganda Liliyana Natsir mengatakan dirinya belum berpikir untuk menjadi pelatih.

Video: Atlet Menembak Matangkan Persiapan Jelang SEA Games
 


(ASM)