Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) 2019

Evaluasi Susy Susanti setelah Indonesia Tersingkir dari BAMTC 2019

Kautsar Halim    •    23 Maret 2019 20:51 WIB
bulu tangkis
Evaluasi Susy Susanti setelah Indonesia Tersingkir dari BAMTC 2019
Susy Susanti. (Foto Terbit/ADAM DWI)

Susy Susanti selaku manajer tim bulu tangkis Indonesia dan Kabid Binpres PBSI tidak kecewa timnya menjadi semifinalis. Sebab, yang dia turunkan di BAMTC 2019 bukan para pemain utama.

Hong Kong:
Tim bulu tangkis Indonesia harus menerima kenyataan gagal menjuarai ajang Badminton Asia Mixed Team Championships 2019. Itu terjadi karena kalah telak 0-3 dari Jepang pada semifinal, Sabtu 23 Maret. 

Menanggapi tren negatif tersebut, Susy Susanti sebagai manajer tim bulu tangkis Indonesia tidak terlalu terkejut. Sebab menurut dia, target timnya yang berisi pemain pelapis memang mencapai semifinal.

“Sesuai dengan prediksi kami bahwa targetnya semifinal. Bukan enggak mau juara, tapi kami cukup realistis dengan kekuatan yang dimiliki. Selain itu, kami juga tidak membawa pemain inti," kata Susy dalam rilis Humas PBSI.
 

Klik: Tim Bulu Tangkis Indonesia Tersingkir dari Semifinal BAMTC


Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra yang tampil lebih dulu untuk memainkan nomor ganda putra kalah lebih dulu dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Setelah itu, tren negatifnya diikuti Ruselli Hartawan (tunggal putri) dan Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra). Namun, dari ketiga laga tersebut, hanya Shesar saja yang bermain hingga rubber game. 

“Saya melihat penampilan para atlet hari ini sebenarnya bisa lebih baik dari itu. Tapi untuk Vito (Shesar Hiren Rhustavito) sudah sesuai harapan," papar Susy mengevaluasi performa pemainnya pada semifinal.

"Vito sudah maksimal dan sebenarnya saya masih berharap dari yang lain. Ada beberapa yang kurang keluar mainnya dan strateginya agak salah," lanjut Susy.

Berikut hasil lengkap Indonesia vs Jepang di semifinal BAMTC 2019: 

Ganda putra
Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi: 11-21, 18-21
 
Tunggal Putri
Ruselli Hartawan vs Sayaka Takahashi: 15-21, 15-21
 
Tunggal Putra 
Shesar Hiren Rhustavito vs Kanta Tsuneyama: 21-15, 17-21, 16-21
 
Ganda Putri
Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta vs Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata: (tidak dimainkan)
 
Ganda Campuran
Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino: (tidak dimainkan)



(KAU)