Indonesia Masters 2019

Gugur di Kualifikasi, Ikhsan Rumbay Mengaku Turun Performa

Kautsar Halim    •    22 Januari 2019 22:01 WIB
bulu tangkisindonesia masters
Gugur di Kualifikasi, Ikhsan Rumbay Mengaku Turun Performa
Ikhsan Rumbay gagal lolos ke babak utama Indonesia Masters 2019 karena kalah di babak kualifikasi kedua. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Ikhsan yang berstatus pemain cadangan sempat memenangi laga pertama di babak kualifikasi. Sayangnya, ia gagal melanjutkannya pada kualifikasi kedua melawan pebulutangkis Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk. Ikhsan pun gagal lolos ke babak utama Indonesia Masters 2019.

Jakarta:
Tunggal putra harapan Indonesia, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, gagal melaju ke babak pertama Indonesia Masters 2019. Itu terjadi karena dia kalah pada fase kualifikasi.

Pada kualifikasi pertama, Ikhsan sempat tampil menawan dengan mengalahkan wakil Denmark, Victor Svendsen (16-21, 21-19 dan 21-17). Sayang tren positif itu tidak terulang kala memainkan kualifikasi kedua. 

Adalah tunggal putra Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk, yang mengalahkan Ikhsan pada kualifikasi kedua. Saat itu, dia menyerah setelah bermain sengit dengan skor 21-17, 19-21 dan 21-11. Kedua laga kualifikasi sama-sama berlangsung pada Selasa 22 Januari.
 

Baca: Usia Bukan Kendala, Sony Dwi Kuncoro Libas Dua Tunggal Putra Indonesia


Berbicara seusai kualifikasi kedua, Ikhsan menyebutkan wakil Thailand yang dihadapi lebih sulit ketimbang memainkan kualifikasi pertama. Selain itu, dia juga mengaku turun performa.

"Kalau pemain Denmark itu mainnya polos-polos saja. Kemudian tadi (kontra Saensomboonsuk), permainannya lebih variatif. Selain itu, kecepatan saya juga menurun karena stamina terkuras pada laga kedua," kata Ikhsan.

Lebih lanjut Ikhsan menjelaskan, persiapan menyambut Indonesia Masters 2019 memang tidak terlalu maksimal karena dia merupakan pemain cadangan. Tapi, itu dikatakannya, bukan termasuk alasan kegagalan.
 

Baca juga: Usai Indonesia Masters, Liliyana Natsir Gantung Raket


"Tidak menyangka juga saya bisa masuk turnamen ini soalnya hanya menjadi pemain cadangan. Tapi, saya tetap nothing to lose untuk meladeni pertandingan," kata Ikhsan.

"Kendati demikian, saya tetap ambil pengalaman dari turnamen ini. Saya jadi tahu bagaimana caranya menghadapi pemain senior," tambahnya. 

Selanjutnya, Ikhsan akan kembali ke pelatnas PBSI untuk melanjutkan berbagai program latihan. Dia sudah ditunggu turnamen Iran International Challenge pada 4-7 Februari mendatang.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Jelang Indonesia Masters 2019



(ACF)