Badminton Asia Team Championships 2018

Nasib Berbeda Tim Indonesia dalam Drawing BATC 2018

Kautsar Halim    •    05 Februari 2018 23:49 WIB
bulu tangkis
Nasib Berbeda Tim Indonesia dalam Drawing BATC 2018
tim bulu tangkis Indonesia. (Foto: Humas PBSI)

Alor Setar: Tim bulu tangkis Indonesia punya nasib berbeda dalam hasil pengundian fase grup Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018. Tim putrinya bakal berjuang ekstra karena tergabung dalam Grup Z, sedangkan  tim putra tampak lebih mudah di Grup D.
 
Grup Z yang ditempati tim putri Indonesia diisi oleh Tiongkok dan Singapura. Tiongkok tergolong lawan berat karena mereka berstatus sebagai juara bertahan. Sementara itu, Singapura juga kerap memberi kejutan lewat pemain-pemain muda yang diturunkan.
 
Lain nasib dengan tim putra yang mengisi Grup D, Indonesia malah tergabung dengan India, Filipina dan Maladewa. Dari tiga lawannya tersebut hanya India saja yang tergolong tim unggulan, sedangkan dua sisanya belum punya rekam jejak yang baik di BATC.


Klik: Setahun Berselang, Hubungan Bouchard dengan Fan-nya kian Dekat

 
Meski tergabung dalam grup yang berat, tim putri Indonesia diyakni tetap bertarung maksimal. Itu terlihat dengan diturunkan sejumlah pemain terbaik seperti, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung atau ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu.
 
Tim putra Indonesia juga tidak menganggap enteng lawan-lawannya di Grup D. Sebab, mereka memboyong para pemain terkuat seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Anthony Sinisuka Ginting. Kevin/Marcus merupakan ganda putra terkuat di dunia untuk saat ini, sedangkan Anthony yang bertubuh mungil, baru saja masuk dalam ranking 10 besar tunggal putra dunia.
 
BATC akan bergulir di Alor Setar, Malaysia, pada 6-11 Februari mendatang. Format pertandingan sama seperti Piala Thomas maupun Piala Uber, yakni memainkan tiga pemain tunggal dan dua ganda. 
 
Berikut daftar skuat tim bulu tangkis Indonesia di BATC 2018
 
Tim Putri
- Anggia Shitta Awanda
- Fitriani
- Della Destiara Haris
- Ruselli Hartawan
- Ni Ketut Mahadewi Istarani
- Greysia Polii
- Rizki Amelia Pradipta
- Apriyani Rahayu
- Hanna Ramadini
- Gregoria Mariska Tunjung
 
Tim Putra
- Mohammad Ahsan
- Jonatan Christie
- Marcus Fernaldi Gideon
- Anthony Sinisuka Ginting, 
- Firman Abdul Kholik
- Ihsan Maulana Mustofa 
- Angga Pratama
- Rian Agung Saputro
- Hendra Setiawan
- Kevin Sanjaya Sukamuljo

 

(KAU)