All England

Pebulu Tangkis Indonesia Tersukses Sepanjang Sejarah All England

Alfa Mandalika    •    06 Maret 2017 16:31 WIB
all england 2017
Pebulu Tangkis Indonesia Tersukses Sepanjang Sejarah All England
Rudy Hartono. (Foto: BWF Museum)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu kejuaraan bulu tangkis bergengsi di dunia, All England akan dihelat besok Selasa 7 Maret hingga 12 Maret. PBSI memasang target satu gelar pada kejuaraan yang dihelat di Birmingham, Inggris itu.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kerap meraih gelar juara. Bahkan, ada satu pebulu tangkis Indonesia yang mencatatkan rekor sebagai juara tunggal putra All England tujuh kali beruntun. Ya, dia adalah Rudy Hartono.

Kisah kehebatan Rudy berawal pada 1968. Pada babak final, ia menumbangkan pebulu tangkis Denmark, Andersen Pri lewat rubber game, 15 - 9, 12 - 15, dan 15 - 9.

Setelah kemenangan itu, Rudy kian terbendung sampai 1974. Ia sempat tidak juara pada 1975, namun pada 1976 ia keluar sebagai juara lagi. Total, sudah delapan gelar yang Rudy raih sepanjang sejarah All England.

Baca: Menanti Kiprah Kontingen Merah Putih di All England


Selain Rudy, masih ada beberapa nama pebulu tangkis Indonesia yang sukses di All England. Berikut rangkumannya:

-Tjun Tjun/Jonan Wahjudi
Ganda putra era 1970an, Tjun Tjun/Jonan Wahjudi  merupakan ganda tersukses Indonesia di All England. Mereka berhasil meraih gelar juara pada 1974 dan 1975. Kehebatan mereka terus berlangsung dari 1977 -- 1979.

-Susi Susanti
Nama Susi Susanti memang tidak asing lagi di dunia bulu tangkis Indonesia. Kiprah hebatnya membuat pencinta bulu tangkis mudah mengenalnya. Selain pernah mendapatkan medali emas Olimpiade, istri Alan Budikusuma itu pernah meraih gelar juara All England sebanyak empat kali. 

Gelar juara All England pertama Susi diraih pada 1990.  Ketika itu, Susi mampu bangkit dari ketertinggalan pada game pertama. Alhasil, Susi menang 2-11, 11-5, dan 11-9. Selanjutnya, Susi mampu juara pada 1991, 1993, dan 1994.


Susi Susanti. (Foto: AFP/Frederic Brown)

-Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sempat mencatatkan rekor di All England. Tepatnya pada 2012 -- 2014. Pada 2012, ganda yang karib disapa Owi/Butet itu mengalahkan ganda Malaysia, Chen Peng Soon/Goh Liu Ying.

Lalu, Owi/Butet mengalahkan rekan senegara Markis Kido/Pia Zebadiah pada 2013. Dan pada 2014, mereka menyudahi perlawanan ganda Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Kim Ha-na.

Baca: OCA Pastikan Gelar 10 Cabor di Palembang


-Liem Swie King 
Selepas Rudy Hartono meraih kemenangan tujuh kali beruntun di All England, Indonesia masih menempatkan tunggal putra Lim Swie King. Pemain kelahiran Kudus Jawa Tengah itu meraih gelar juara pada 1978 dan 1979. Lalu, ia sempat menjadi juara pada 1981.

-Imelda Wiguna dan Christian Hadinata
Ada dua pebulu tangkis Indonesia yang meraih juara All England di dua nomor berbeda. Mereka adalah Christian Hadinata dan Imelda Wiguna.

Kedua pemain tersebut meraih gelar juara di nomor ganda campuran pada 1979. Pada tahun yang sama, Imelda juga juara ganda putri bersama Verawaty. Sedangkan Christian, sukses keluar sebagai juara pada 1972 ketika berpasangan dengan Ade Chandra.

Video: Cuaca Buruk Buat Lintasan di MXGP Rusak



(ASM)