Malaysia Open Super Series Premier 2017

Susi Susanti Optimistis Sektor Ganda Bersinar di Malaysia Open 2017

Rendy Renuki H    •    01 April 2017 14:01 WIB
bulu tangkis
Susi Susanti Optimistis Sektor Ganda Bersinar di Malaysia Open 2017
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat memenangi gelar All England 2017 lalu (Justin TALLIS / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Legenda ratu bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti, optimistis sektor ganda mampu bersinar di turnamen Malaysia Open Super Series Premier 2017. Sektor ganda memang menjadi kekuatan Indonesia pada turnamen yang akan di gelar 4-9 April mendatang di Kuching, Sarawak, Malaysia.

Ganda putra dan ganda campuran menjadi amunisi utama Indonesia, meski di sektor ganda putri Indonesia batal mengirimkan kekuatan terbaiknya. Cedera lutut kiri yang dialami Rizki Amelia Pradipta membuatnya tak bisa tampil bersama pasangannya, Greysia Polii kali ini.

Namun, Indonesia menaruh harapan besar di pundak pasangan juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Unggulan pertama ganda campuran Pelatnas PBSI ini telah disiapkan turun di ajang Super Series yang mewajibkan memainkan pemain yang menempati peringkat 10 besar dunia.

(Baca: Indonesia Turunkan Para Pemain Unggulan di Malaysia Open 2017)


“Buat saya, kans Tontowi/Liliyana tetap terbuka, kita tahu mereka pemain senior dan berpengalaman. Tontowi/Liliyana sudah dalam puncak karir mereka. Jadi saya percaya mereka punya komitmen dan sikap profesional,” ujar Susi yang kini menjabat Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, dilansir Badmintonindonesia.org.
 
“Mengenai penampilan mereka di All England 2017 kemarin, kondisi mereka memang belum maksimal. Liliyana belum sembuh total dari cedera lutut kanan. Waktu kalah, Tontowi/Liliyana say sorry belum bisa meraih hasil maksimal, mereka bilang akan persiapkan diri lagi untuk kejuaraan berikutnya,” sambung peraih medali emas tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992 itu.

Sementara, pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga menjadi andalan lain tim Merah-Putih. Pasangan yang kini menempati peringkat pertama dunia itu langsung dimasukkan ke skuat Malaysia Open, walau keduanya masih berjuang di babak semifinal India Open 2017 di New Delhi.

Tugas Marcus/Kevin memang tak mudah, usai India Open, keduanya langsung terbang ke Kuching, Malaysia mengikuti Malaysia Open Super Series Premier 2017. Belum usai sampai di situ, Marcus/Kevin masih akan menjalani rentetan turnamen setelah ajang Singapore Open Super Series 2017 telah menunggu pada agenda mereka selanjutnya.
 
“Tentunya harapan kita adalah Marcus/Kevin bisa juara, tetapi kan tidak bisa seperti robot yang juara terus, manusia kan ada batasnya. Apalagi mereka harus mengikuti turnamen beruntun yang sifatnya wajib. Namun, Marcus/Kevin pasti sudah tahu standard mereka, minimal harus semifinal, jangan sampai dibawah itu,” tutup Susi.

Video: Dua Ganda Putra Indonesia Melaju ke Semifinal
 


(REN)