Semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017

Tontowi/Liliyana Bertekad Juara Dunia Lagi

Krisna Octavianus    •    26 Agustus 2017 20:10 WIB
kejuaraan dunia bulu tangkis
Tontowi/Liliyana Bertekad Juara Dunia Lagi
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Foto: AFP/ANDY BUCHANAN)

Metrotvnews.com, Glasgow: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melaju ke final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 setelah tampil gemilang di semifinal, Sabtu 26 Agustus sore WIB. Mereka mengaku ingin juara dunia lagi dan itu faktor yang membuat mereka menang.
 
Setelah Olimpiade 2016, keduanya masih terus berburu titel dan sederet gelar bergengsi berhasil di raih di China Open Super Series Premier 2016, Hong Kong Open Super Series 2016, mereka juga akhirnya berhasil menaklukkan ketatnya persaingan di BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 setelah tujuh kali gagal. Kali ini, Tontowi/Liliyana ingin mengulang sukses menjadi juara dunia setelah pernah merasakannya di Guangzhou, Tiongkok pada 2013.

BACA: Tampil Gemilang, Ahsan/Rian Jejak Partai Final
 
Dalam laga semifinal yang berlangsung di Emirates Arena, Tontowi/Liliyana rebut tiket final dengan mengalahkan wakil Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah dalam dua game langsung 21-16, 21-13. Empat kemenangan dari enam pertemuan dengan Lee/Chau tampaknya cukup buat Tontowi/Liliyana dalam mengetahui di mana letak kelebihan dan kekurangan lawan.

“Kami ingin juara dunia lagi, tadi di lapangan kami ingin usaha yang terbaik. Kami tidak berpikir soal menang atau kalah, yang penting keluarkan kemampuan terbaik,” ujar Tontowi dalam konferensi pers usai laga.
 
“Pasangan Hong Kong ini adalah pasangan yang bagus, buktinya mereka bisa mengalahkan pasangan Tiongkok di perempat final. Hari ini kami benar-benar tidak mau lengah walaupun kami lebih diunggulkan, tadi berpikir bagaimana caranya main 'bersih' dan komunikasi baik dengan Owi,” beber Liliyana.
 
Meskipun perayaan hari kemerdekaan RI sudah berlalu, tetapi di suasana kemerdekaan ini Tontowi/Liliyana berharap dapat mengulang momen membanggakan seperti di olimpiade, di mana mereka mempersembahkan medali emas tepat pada 17 Agustus tahun lalu.
 
“Keinginan itu pasti ada, tetapi kami tidak mau terbeban harus emas, nanti malah tidak lepas mainnya. Yang penting kami bisa menikmati permainan, tantangan terberat itu ada di diri kita sendiri, kalau kita bisa mengontrol, fokus, pasti bisa,” jelas Liliyana.
 
“Siapapun lawan kami besok di final, kami sudah pernah bertemu dengan mereka. Kami akan pelajari lagi permainan lawan agar lebih siap di final,” kata Tontowi.
 
Kabar gembira bertambah dengan lolosnya pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro ke babak final. Dengan demikian Merah-Putih punya dua wakil di final.

 


(KRS)