Gagal Harumkan Indonesia, Praveen/Debby Bertekad Perbaiki Diri

Kautsar Halim    •    28 April 2017 22:36 WIB
bulu tangkis
Gagal Harumkan Indonesia, Praveen/Debby Bertekad Perbaiki Diri
Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto. (Foto: Humas PBSI)

Metrotvnews.com, Wuhan: Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto gagal menjuarai ajang Badminton Asia Championships 2017. Keduanya terhempas setelah menghadapi Wang Yilyu/Huang Dongping pada perempat final, Jumat 28 April.

Praveen/Debby dikalahkan pasangan Tiongkok yang berstatus nonunggulan dengan skor straight game, 22-24 dan 19-21. Jalannya laga beda kelas itu tetap berlangsung sengit selama 52 menit.


Klik: Praveen/Debby Gugur, Wakil Indonesia Habis sebelum Semifinal


Hasil ini di luar ekspektasi karena Praveen/Debby merupakan salah satu ganda campuran terbaik Indonesia yang sedang bertengger di peringkat delapan dunia. Selain itu, Wang/Huang juga belum pernah bentrok dengan Praveen/Debby. Praveen/Debby merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di perempat final BAC 2017. Sebelumnya, Indonesia juga berharap besar kepada ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Namun, keduanya malah gugur lebih dulu pada babak kedua.


Klik: Penyebab Ahsan/Rian Gagal Tembus Perempat Final


Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susi Susanti sempat merekomendasikan Praven/Debby untuk menjadi penerus Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Namun, performa keduanya malah belum menunjukkan tren positif sejak akhir 2016.

Praveen/Debby harus terhenti di babak pertama ketika melakoni ajang All England 2017. Kemudian, mereka juga gagal melewati babak kedua Malaysia Open Super Series Premier 2017. Sebelum itu, Praveen/Debby juga gagal dalam beberapa turnamen papan atas pada akhir 2016.

“Pencapaian kami memang kurang bagus di awal 2017 ini,” kata Praveen mengakui tren negatif performanya.
 
“Memang harus ada perbaikan dari diri kami masing-masing. Baik dari segi teknis maupun non teknis. Pokoknya di semua aspek, bahkan sampai di segi fisik juga,” lanjutnya.
 
“Semoga kami bisa memperbaiki semuanya dan tampil lebih baik lagi,” tambah Praveen.

Turnamen selanjutnya yang akan menjadi target utama PBSI adalah Piala Sudirman di Gold Coast, Australia, pada Mei mendatang. Kemungkinan besar, PBSI akan menurunkan skuat yang lebih kuat. (RO)


 


(KAU)