Hong Kong Open Super Series 2017

Penyebab Tommy Sugiarto Terhempas dari Hong Kong Open 2017

Kautsar Halim    •    23 November 2017 22:41 WIB
bulu tangkis
Penyebab Tommy Sugiarto Terhempas dari Hong Kong Open 2017
Tommy Sugiarto. (Foto: Humas PBSI)

Kowloon: Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto gagal melangkah lebih jauh di ajang Hong Kong Open Super Series 2017. Ia menyerah pada babak kedua setelah bertanding sengit kontra wakil Korea Selatan, Son Wan Ho.

Bukan tugas mudah bagi Tommy untuk menghadapi Son yang berstatus sebagai unggulan kedua. Meski mampu merebut game pertama lebih dulu, Tommy malah selalu tertekan ketika memainkan dua game selanjutnya.


Klik: Ganda Campuran Indonesia Gagal ke Perempat Final


Son memaksa Tommy bermain hingga tiga game dalam tempo 1 jam 2 menit. Laga pun baru bisa ia tutup dengan skor 21-11, 16-21 dan 12-21. Penurunan performa Tommy mulai terlihat ketika pertandingan memasuki game kedua.

“Lapangan pada game kedua enggak menguntungkan untuk mengontrol bola karena anginnya terlalu kencang. Kemudian, saya kalah start ketika mengumpukan poin pada game ketiga," kata Tommy seusai seperti tertuang dalam rilis Humas PBSI.

"Fokus saya ketika pindah lapangan pada game ketiga sudah buyar karena agak susah juga kalau enggak ada yang mengingatkan. Saya jadi sulit menyerang menyerang balik dan jadi enggak siap ketika diserang lawan," tambahnya.


Klik: Wakil Tunggal Putra Indonesia Kandas di Babak Kedua


Dengan gugurnya Tommy pada babak kedua, artinya perempat final tunggal putra bakal dimainkan tanpa wakil Indonesia. Selain Tommy, masih ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie yang tampil di sektor tunggal putra, namun keduanya malah terhempas lebih dulu pada babak pertama.

Tren negatif dari sektor tunggal putra diikuti juga oleh para wakil Indonesia yang tampil di nomor ganda campuran dan tunggal putri. Dengan begitu, asa untuk merebut gelar juara hanya tersisa lewat nomor ganda putra dan ganda putri.

Sektor ganda putri paling rentan terhempas karena hanya menyisakan satu wakil saja, yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Sementara itu, dari nomor ganda putra masih ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro. (RO)

 


(KAU)