Jawaban Susi Susanti terkait Kekuatan Indonesia di BAC 2017

Kautsar Halim    •    21 April 2017 17:57 WIB
bulu tangkis
Jawaban Susi Susanti terkait Kekuatan Indonesia di BAC 2017
Susi Susanti, memberikan keterangan kepada awak media dalam Press Conference di kantor Astra International Daihatsu Cabang Lampung, Bandar Lampung. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia tidak menurunkan kekuatan penuh di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2017. Itu terjadi karena badai cedera yang menimpa para pebulu tangkis unggulan Tanah Air.

Unggulan pertama Indonesia yang gagal tampil adalah Marcus Gideon Fernaldi/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berasal dari sektor ganda putra. Keduanya terpaksa absen karena Marcus menderita cedera punggung.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menjadi spesialis ganda campuran juga dipastikan absen di ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2017. Selain karena faktor usia yang tidak lagi muda, keduanya mundur karena lulut kanan Liliyana Natsir belum pulih seutuhnya. Ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani juga absen.
 

Klik: Alexandra Asmasoebrata Buka Suara Soal Prestasi Sean Gelael


Absennya ketiga wakil Indonesia sudah mendapat restu dari Susi Susanti selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI. Restu itu ia berikan karena merupakan jalan terbaik bagi Indonesia untuk meraih prestasi di ajang yang lebih bergengsi, yakni Piala Sudirman 2017.

“Kalau kami memberangkatkan atlet, tentunya kami mau hasil yang terbaik buat mereka. Jadi, jangan dipaksakan. Jangan mentang-mentang rangking 10 besar dunia, tapi tetap berangkat meskipun tidak siap. Nanti, mereka bisa menjadi incaran lawan dan bisa mempengaruhi kepercayaan diri juga,” ujar Susi dalam rilis Humas PBSI yang diterima Metrotvnews.com.

“Sebetulnya BAC ini juga turnamen perantara saja karena kami lebih fokusnya ke Piala Sudirman. Kami memang tidak menuntut atlet untuk juara terus di tiap pertandingan. Namun sebaiknya, di setiap turnamen ada gelar untuk Indonesia dari sektor apapun," tambahnya.
 

Klik: Peta Kekuatan Indonesia di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2017


Meski tidak menurunkan pemain terbaik, Indonesia tetap memiliki pelapis yang tidak kalah hebat dan bisa saja membuat gebrakan baru dalam pertandingan. Biasanya, kejutan itu datang dari nomor tunggal putra, ganda campuran atau ganda putra.

"Ganda putra dan ganda campuran memang masih jadi andalan hingga saat ini, termasuk di BAC. Tapi kami masih punya Praveen Jordan/Debby Susanto dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Kemudian, siapa tahu  Jonatan Christie atau tim tunggal putra mampu membuat kejutan,” tutup Susi.

Kejuaran Bulu Tangkis Asia 2017 dijadwalkan berlangsung di Wuhan, Tiongkok, pada 25 -30 April mendatang. Indonesia menurunkan empat wakil di nomor tunggal putra dan masing-masing tiga wakil di empat nomor yang tersisa, yakni tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. (RO)

 


(KAU)