Kejuaraan Badminton Asia (BAC) 2018

Hendra/Ahsan dan Angga/Rian Lalui Laga Pertama BAC 2018

Kautsar Halim    •    24 April 2018 15:12 WIB
bulu tangkis
Hendra/Ahsan dan Angga/Rian Lalui Laga Pertama BAC 2018
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. (Foto: Humas PBSI)

Wuhan: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Angga Pratama/Rian Agung Saputra berhasil melewati laga pertama babak kualifikasi Badminton Asia Championships (BAC) 2018. Keduanya sama-sama memenangkan pertandingan dengan skor straight game.

Hendra/Ahsan yang tergabung dalam Grup D tampil lebih dulu kontra wakil Brunei Darussalam, Ahmad Mahyuddin Haji Abas/Mohamad Fairie Syah Ruslan. Laga tersebut bisa dimenangkan Hendra/Ahsan dalam tempo 23 menit dengan skor, 21-8 dan 21-15. 

Berbicara seusai laga, Hendra/Ahsan yang berstatus sebagai unggulan keempat menjelaskan bahwa lawannya memang tidak terlalu kuat pada laga tersebut. Kendala yang mereka alami justru bukan karena pertandingan, melainkan jadwal mereka yang cukup padat.
 

Klik: Siman Pede Sabet Medali di Nomor 50 Meter Gaya Punggung


Hendra/Ahsan sempat tampil susah payah untuk memastikan gelar juara Malaysia International Challenge 2018 pada akhir pekan lalu. Setelah itu, mereka baru terbang menuju Wuhan, Tiongkok, untuk melakoni BAC 2018.

"Lawan kami di kualifikasi hari ini juga memang belum terlalu berat. Tapi kendala pasti ada, karena kami capek, baru datang (dari Malaysia) dan harus langsung tanding. Meski begitu, kami harus siap. Hanya perlu istirahat lebih banyak dan jaga kondisi saja," ujar Hendra seusai laga seperti dikutip dari rilis Humas PBSI.

"Kami memang baru sampai semalam, jadi enggak sempat latihan dan tadi itu benar-benar baru coba lapangan. Tapi, kondisi lapangan lumayan dan tidak ada angin," tambah Ahsan.
 

Klik: Atlet Indonesia yang Berlaga di Asian Games Dapat Asuransi


Sementara itu, Angga/Rian harus keluar keringat ekstra banyak ketika menghadapi wakil Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Hee Yong Kai Terry. Meski menang dalam dua game langsung, Angga/Rian harus tampil selama 29 menit untuk menutup laga dengan skor, 21-19 dan 21-14.

"Waktu pada game pertama, kami memang masih adaptasi. Tapi kami sudah lebih tahu permainan mereka ketika memainkan game kedua. Kami masih tanding satu lagi pada fase kualifikasi ini, mudah-mudahan bisa masuk ke babak pertama," tutur Angga mengomentari kemenangannya.

"Saya hanya banyak komunikasi saja sama Angga. Main kami sudah enak terutama pada game kedua. Lawan tadi tipe permainnya menyerang, tapi pertahanannya tidak terlalu rapat," timpal Rian. 

Hendra/Ahsan dan Angga/Rian akan memulai pertandingan final kualifikasi sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Hendra/Ahsan akan bentrok dengan Dipesh Dhami/Ratnajit Tamang (Nepal), sedangkan Angga/Rian berhadapan dengan Artur Niyazov/Dmitriy Panarin (Kazakstan). 




(KAU)