Jelang Asian Games 2018

Tim Bulu Tangkis Indonesia tinggal Fokus Jaga Kebugaran

Kautsar Halim    •    10 Agustus 2018 13:47 WIB
asian games 2018DutaSuporterID
Tim Bulu Tangkis Indonesia tinggal Fokus Jaga Kebugaran
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susi Susanti (keempat kiri) berfoto bersama Tim Bulu Tangkis Indonesia. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta: Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018. Sebagai salah satu cabang andalan Merah Putih, bulutangkis ditargetkan untuk menyumbang satu emas. 

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berharap target tersebut bisa tercapai lewat sektor ganda campuran dan ganda putra yang merupakan nomor andalan Indonesia saat ini. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bakal terjadi kejutan dari sektor lain, seperti ganda putri.

Untuk nomor ganda campuran, tim bulu tangkis Indonesia masih mengandalkan duet Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Event Asian Games 2018 bakal jadi momen spesial bagi keduanya karena Liliyana diprediksi bakal pensiun pada tahun tahun depan. 

Klik: Della/Rizki Gagal Ikuti Tren Positif Greysia/Apriyani

Duet Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan Marcus Fernaldi Gideon akan menjadi andalan tim bulu tangkis Indonesia dari sektor ganda putra. Meski sempat terhempas pada perempat final Kejuaraan Dunia beberapa waktu lalu, keduanya masih berstatus sebagai ganda putra terbaik dunia.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu punya modal bagus untuk memberi kejutan dari nomor ganda putri. Sebab, Bblum lama ini, mereka berhasil menyabet perunggu Kejuaraan Dunia lantaran mampu mengalahkan ganda putri terbaik dunia asal Tiongkok,  Chen Qingchen/Jia Yi Fan. 

Klik: Kalah di Perempat Final, Permainan Marcus/Kevin Sudah Terbaca

Asian Games 2018 merupakan salah satu target utama PBSI pada musim ini. Demi mewujudkannya, mereka telah melakukan berbagai cara yang beberapa di antaranya dengan merekrut pelatih teknik,  fisik, fisioterapis, ahli gizi, psikolog dan tim medis

"Di sisa waktu ini, yang terpenting itu menjaga kondisi, stamina dan menyusun strategi. Kami juga akan menganalisa lawan yang akan dihadapi baik kelebihan dan kelemahannya," jelas Susy Susanti selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

Khusus nomor beregu putra dan putri bulu tangkis Asian Games akan dimainkan di Istora mulai 19-22 Agustus mendatang. Sedangkan untuk nomor perorangan baru akan bergulir pada 23-28 Agustus.  

Proses pengundian nomor beregu akan berlangsung di ruang konferensi pers Istora pada 16 Agustus pukul 19.00 WIB. Sementara itu, untuk undian nomor perorangan akan bergulir di tempat yang sama pada 22 Agustus pukul 10.00 WIB.





(KAU)