BCA Indonesia Open Super Series 2017

Tontowi/Liliyana Susah Payah Tundukkan Pasangan Korea Selatan

Patrick Pinaria    •    13 Juni 2017 18:54 WIB
indonesia open super series premier 2017
Tontowi/Liliyana Susah Payah Tundukkan Pasangan Korea Selatan
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat menghadiri konferensi pers usai melakoni pertandingan perdana di BCA Indonesia Open Super Series 2017 (Foto: MTVN/Patrick Pinaria)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil merebut tiket ke babak kedua BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017. Berhadapan dengan pasangan Korea, Kim Dukyoung/Kim Ha Na, Owi/Butet harus bekerja keras bermain tiga game sebelum menang dengan skor 19-21, 21-19, dan 21-18.

Pertarungan yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Selasa (13/6/2017), tersebut sudah sengit sejak game pertama. Pasangan peraih tiga gelar All England itu di luar dugaan mendapat perlawanan ketat dari Kim/Kim. Bahkan, pasangan Korea itu sempat unggul 14-11 atas unggulan keenam ini.

Namun, mental Tontowi/Liliyana tak jeblok. Mereka mampu bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 16-16. Sayang, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu gagal menjaga momentum. Mereka akhirnya menyerah dengan skor 19-21 pada game pertama ini.

Pada game kedua, Tontowi/Liliyana tak memberi kesempatan untuk Kim/Kim kembali leluasa. Mereka langsung menekan hingga unggul 6-1. Sempat kejar-kejaran angka, mereka akhirnya menang 21-19.

Pada game ketiga, Owi/Butet sempat tertinggal jauh 10-15. Mereka kemudian berhasil menyamakan kedudukan pada skor 18-18. Pada skor ini terjadi kontroversi ketika pasangan Korea memprotes keputusan hakim garis karena menganggap bola keluar. Akan tetapi, umpire tetap meminta kedua pasangan melanjutkan permainan.
 

Baca: Praveen Jordan/Debby Susanto Disingkirkan Wakil Denmark


Setelah kejadian itu tampaknya Kim/Kim langsung melorot mentalnya. Mereka dua kali melakukan kesalahan, padahal bola tanggung. Hal ini dimanfaatkan Owi/Butet untuk memetik kemenangan dengan skor 21-19. 

Meski meraih kemenangan, Tontowi mengaku kesulitan menghadapi Dukyoun/Ha Na. Ia menilai keduanya tampil apik dan nyaris tidak melakukan kesalahan sepanjang pertandingan. 

"Musuh tidak bermain buruk. Mereka mampu bermain rapi dan tidak ada kesalahan. Hanya saja, mereka banyak melakukan kesalahan di akhir-akhir pertandingan," ujar Tontowi.

Senada dengan Owi, Liliyana juga memuji permainan pasangan Korea Selatan tersebut. Ia tidak menyangka keduanya  bisa bermain apik. Mengingat, Ha Na dan Dukyoung merupakan pasangan baru.
 

Baca juga: Tak Berdaya di Tangan Saina Nehwal, Ini Dalih Ratchanok Intanon


"Kami tahu Kim Ha Na punya pasangan baru (Kim Dukyoung). Ia sudah melakukan penyesuaian dengan pasangan barunya dengan baik dan punya mental untuk itu," timpal Butet.

"Sementara pasangannya yang cowo juga sudah bisa mengimbangi Ha Na. Menurut saya, ia bisa bermain rapi. Walaupun permainannya masih belum matang. Tetapi, ia sudah tampil bagus dan bisa menyulitkan kami," tambahnya.

Selanjutnya, Owi/Butet akan menghadapi kompatriotnya, Hafiz Faizal/Shela Devi Aulia pada babak kedua. Hafiz/Shela berhasil lolos setelah mengalahkan Wang Chi-Lin/Lee Chia Hsin lewat dua game langsung 21-14, 21-16.

Video: ?AC Milan Resmi Rekrut Andre Silva
 


(ACF)