Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018

Apologi Fajar/Rian usai Menyerah dari Ganda Putra Jepang

M. Rizky Adhestian    •    02 Agustus 2018 15:56 WIB
kejuaraan dunia bulutangkis
Apologi Fajar/Rian usai Menyerah dari Ganda Putra Jepang
Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (Foto: PBSI)

Nanjing: Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, tidak mampu lolos ke babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018. Mereka takluk oleh ganda putra Jepang, Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda, pada Kamis 2 Agustus.

Setelah memberikan perlawanan sengit selama 36 menit, Fajar/Rian harus menyerah lewat straight game. Pada game pertama, mereka takluk 21-17. Lalu, pada game kedua kembali kalah 21-16.

"Mereka sudah mengantisipasi permainan kami, dan tadi kami banyak main di bawah tekanan. Kalau saya pribadi memang merasa sering melakukan kesalahan sendiri, banyak buang-buang poin," kata Fajar.

Baca: Kevin/Marcus Langkahkan Kedua Kaki di Perempat Final Kejuaraan Dunia

"Pada game kedua, kami lebih maksa menyerang tapi mereka tidak mudah dimatikan. Kami balik tertekan. Pelatih mengarahkan kami supaya jangan buru-buru mematikan lawan," tambah Rian.

Setelah ini, Fajar/Rian akan bersiap untuk mengikuti Asian Games 2018. Mereka berharap tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi.

"Setelah kembali ke Jakarta, kami harus langsung mulai persiapan. Selain teknik dan fisik, kami harus meningkatkan fokus kami di lapangan. Kami harus bisa konsisten menjaga fokus dari awal sampai akhir game, jangan sampai tiba-tiba blank," pungkas Fajar.

Dengan hasil ini, Indonesia tinggal menyisakan satu wakilnya untuk sektor ganda putra. Mereka adalah ganda putra rangking satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang akan berhadapan dengan wakil Jepang Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda pada perempat final.




(ASM)