Bulu Tangkis

Sekjen PBSI Ingin Hidupkan Lagi Pemain Rangkap

Rendy Renuki H    •    20 Juli 2017 10:06 WIB
bulu tangkis
Sekjen PBSI Ingin Hidupkan Lagi Pemain Rangkap
Sekjen PBSI Ahmad Budiarto (tengah) (MTVN/Patrick Pinaria)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Ahmad Budiarto ingin menghidupkan lagi pemain rangkap di Pelatnas Cipayung. Mengingat hanya Indonesia saat ini yang pebulu tangkisnya lebih banyak fokus di satu nomor.

Saat ini Indonesia tak seperti negara tetangga Thailand yang memiliki beberapa pemain rangkap. Kevin Sanjaya Sukamuljo sempat merangkap bermain di ganda campura dengan Masita Mahmudin pada 2013 lalu, namun kini ia kembali fokus dengan Marcus Vernaldi Gideon di ganda putra.

Kurangnya pemain rangkap itulah yang membuat Sekjen PBSI berencana menghidupkan lagi pemain rangkap. Walau diakui Budi--sapaan akrabnya--saat ini pemain rangkap baru akan diterapkan di pelatnas muda (pratama).

(Baca: Tontowi Disiapkan Pelatih Bermain Hingga 2024)


"Kalau cermati pemain Indonesia dulu memang banyak pemain rangkap. Tapi belakangan spesialisasi dan eranya sekarang mulai ada perubahan," tutur Budi saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Tapi yang paling tahu atlet kan pelatihnya. Saat ini, kita mulai coba pemain rangkap di Pratama. Kita akan lihat dan evaluasi lagi nanti hasilnya," sambung Sekjen PBSI tersebut.

Padahal jika dicermati, bermain rangkap bisa mendapatkan beberapa keungungan bagi pemain dan federasi. Selain bisa membantu membentuk mental dan skill serta jam terbang bertanding di kondisi yang berbeda, pemain rangkap tentunnya bisa meminimalisir biaya pengiriman atlet ke suatu event.

Video: Thomas Lebas Juara Umum Tour de Flores 2017
 


(REN)