Para Pemain Nomor Tunggal Tetap Miliki Peluang di Piala Sudirman

Rendy Renuki H    •    14 Mei 2017 10:34 WIB
bulu tangkis
Para Pemain Nomor Tunggal Tetap Miliki Peluang di Piala Sudirman
Simulasi pertandingan di Pelatnas PBSI untuk persiapan Piala Sudirman 2017 (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia masih akan mengandalkan sektor ganda, khususnya putra dan campuran, pada ajang Piala Sudirman 2017. Namun, para pemain nomor tunggal pun tetap memiliki peluang pada kejuaraan beregu campuran yang digelar di Gold Coast, Australia, 21-28 Mei mendatang.

Hal itu seperti dikatakan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Susy Susanti. Ia menilai para pemain tunggal bukan berarti tidak punya peluang karena nomor ganda lebih menjadi tumpuan di ajang tersebut.

Legenda bulu tangkis Tanah Air itu mengatakan tetap ada peluang untuk para pemain di sektor lain. Meski diakuinya peluang pada nomor tunggal putri lebih kecil walau lebih diunggulkan seperti saat berjumpa India.

(Baca: Tumbangkan Djokovic, Nadal Tembus Final di 'Rumah')


"Lawan India, ganda putri kita lebih unggul. Untuk tunggal putra, 50-50. Tunggal putri, peluang ada tapi persentase sedikit. Sementara itu, lawan Denmark, tunggal putri kita bahkan lebih bagus. Intinya, yang penting menang dulu," kata Susy di sela-sela simulasi pertandingan Piala Sudirman 2017 di Pelatnas PP PBSI, Jakarta, Sabtu (13/4/2017).

Simulasi tersebut memang sengaja digelar untuk mematangkan persiapan menuju Piala Sudirman. Dalam simulasi, tim inti dibagi menjadi dua yaitu tim Garuda dan tim Elang. Kedua tim bertanding layaknya pertandingan di Piala Sudirman yang memainkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Susy mengatakan simulasi itu sangat penting sebagai pemanasan. Saat pertandingan, khususnya kontra Denmark, diperkirakan, perebutan skor akan berlangsung ketat. Peraih medali emas Olimpiade 1992 itu menilai lawan yang akan dihadapi tim 'Merah Putih' cukup berat. Namun, potensi menang di seluruh sektor tetap ada.

"Harapan awal juara grup dulu deh," tutup Susy yang juga merangkap menjadi manajer Timnas di Piala Sudirman 2017.

Video: Jelang Piala Sudirman 2017, PBSI Gelar Simulasi Pertandingan
 


(REN)