Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018

Susi Susanti: Indonesia Punya Peluang Baik di BATC 2018

Kautsar Halim    •    05 Februari 2018 23:52 WIB
bulu tangkis
Susi Susanti: Indonesia Punya Peluang Baik di BATC 2018
Tim bulu tangkis Indonesia. (Foto: Humas PBSI)

Alor Setar: Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susi Susanti, membeberkan peluang para pemainnya di ajang Badminton Asia Team Championships 2018. Menurutnya, baik tim putra dan putri tetap punya peluang yang baik untuk menggapai target.

Perjalanan tim putri pada fase penyisihan bakal lebih berat karena mereka tergabung dalam Grup Z yang diisi oleh Tiongkok dan Singapura. Sedangkan, tim putra yang berada di Grup D, bakal berhadapan dengan Filipina, Maladewa, dan India.

“Peluang tim Indonesia baik putra maupun putri cukup besar, tetapi kami akan tetap fokus dan waspada. Khususnya tim Singapura yang bukan lawan yang mudah, kami akan berusaha menampilkan yang terbaik besok,” ujar Susy dalam rilis Humas PBSI.

Meski tergabung dalam grup yang berat, tim putri diyakni tetap bertarung maksimal. Itu terlihat dengan diturunkan sejumlah pemain terbaik seperti, Gregoria Mariska Tunjung dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Keduanya bakal diandalkan untuk mencuri poin dalam tiap pertandingan.

Sementara itu, tim putra juga tidak menganggap remeh kepada lawan-lawannya. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sudah disiapkan untuk pertandingan ganda, sedangkan untuk nomor tunggal ada Anthony Sinisuka Ginting atau Jonatan Christie.

“Untuk tim putra, peluang mereka lebih besar. Siapa pun yang diturunkan saya rasa punya kans besar untuk mengatasi tim Maladewa. Namun tetap harus serius dan tidak boleh menganggap remeh lawan,” tutur Susy.

“Semua pemain secara keseluruhan dalam kondisi siap, kami akan melihat siapa yang paling siap untuk diturunkan besok,” tambahnya.

BATC akan bergulir di Alor Setar, Malaysia, pada 6-11 Februari mendatang. Format pertandingan sama seperti Piala Thomas maupun Piala Uber, yakni memainkan tiga pemain tunggal dan dua ganda. 

Tim putri akan memulai pertandingan perdana grup Z kontra Singapura pada Selasa 6 Februari pukul 09.00 waktu setempat. Kemudian, laga perdana tim putra di Grup D berlangsung malam hari pada pukul 19.00 waktu setempat.



(KAU)