Penyebab Shesar tak Berdaya Hadapi Wakil Denmark

Kautsar Halim    •    24 Januari 2019 13:28 WIB
bulu tangkis
Penyebab Shesar tak Berdaya Hadapi Wakil Denmark
Shesar Hiren Rhustavito. (Foto: Dok. PBSI)

Tunggal putra Shesar Rhustavito harus menelan kekalahan pada ajang Indonesia Masters 2019. Hasil itu membuat tuan rumah menyisakan dua wakil di tunggal putra yakni Anthony Ginting dan Jonatan Christie.

Jakarta: Shesar Hiren Rhustavito terhenti pada babak kedua Indonesia Masters 2019, Kamis 24 Januari 2019. Dia kalah dari Anders Antonsen asal Denmark yang menjadi lawannya saat itu.

Tidak ada kesulitan khusus bagi Antonsen untuk menundukkan tunggal putra harapan Indonesia tersebut. Dia mampu menang cepat dengan skor cukup jauh, 21-11 dan 21-9.

Sebagian besar angka yang dihasilnya Antonsen berasal dari kesalahan-kesalahan yang dibuat Shesar. Dia sering gagal membalas serangan Antonsen yang sebetulnya tidak terlalu berbahaya.

Berbicara seusai laga, Shesar mengaku sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi Antonsen. Tapi, dia salah membaca strategi lawan sehingga pola permainannya di lapangan tidak berjalan dengan baik

Baca: Debby Susanto dalam Angka

“Dari awal saya sudah kalah serangan. Mau main reli juga tidak bisa mempercepat tempo. Saya malah mengumpan dia untuk menyerang. Andalan dia memang bermain cepat dan menyerang," ungkap Shesar setelah pertandingan.

“Ketika memainkan game kedua, saya sudah mencoba main reli. Tapi, lawan mengantisipasinya dan membuat saya melakukan kesalahan sendiri. Sebetulnya saya sudah pelajari lawan, tapi permainannya berbeda. Dia tetap sabar, meskipun main cepat," tambahnya. 

Meskipun kalah, Shesar bertekad tampil lebih baik pada turnamen berikutnya. Ia mengaku sudah memetik pelajaran penting dari kekalahannya atas Antonsen.

"Saya harus perbaiki strategi sebelum bermain dan lebih pintar membaca lawan. Jangan kasih kesempatan menyerang kalau andalan dia menyerang. Selain itu, stamina saya juga harus lebih kuat," pungkas Shesar.

Dengan gagalnya Shesar, Indonesia hanya menyisakan dua tunggal putra pada babak kedua. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting yang akan menghadapi Zhao Junpeng dan Jonatan Christie vs Shi Yuqi (unggulan kedua).

Video: Jalur Profesional Duet Ahsan/Hendra


(ASM)