Prestasi Marcus Gideon/Kevin Sanjaya

Marcus/Kevin dalam Angka

Alfa Mandalika    •    18 Desember 2017 18:43 WIB
bulu tangkis
Marcus/Kevin dalam Angka
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: AFP/Andy Buchanan)

Jakarta: Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menorehkan tinta emas. Mereka meraih tujuh gelar super series sepanjang tahun ini.

Sebelum mengamankan gelar di Dubai World Super Series Finals (DWSSF) 2017, mereka menjuarai Hong Kong Open Super Series 2017. Gelar juara di DWSSF membuat Marcus/Kevin mencetak sejarah baru sebagai pemain yang sukses meraih gelar juara terbanyak dalam satu tahun.

Marcus/Kevin berhasil memecahkan rekor ganda putra Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong yang menyabet enam titel super series dalam satu tahun.

Baca: Raih Gelar Ketujuh Super Series, Begini Komentar Marcus dan Kevin


Pasangan yang berjuluk Duo Minions itu tampil meyakinkan di ajang DWSSF. Mereka menang meyakinkan atas wakil Denmark Mads Conrad-Peterson/Mads Pieler Kolding.

Namun, pada pertandingan kedua, Marcus/Kevin sempat menelan kekalahan dari wakil Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Marcus/Kevin kembali berjuang pada game ketiga saat menghadapi wakil Tiongkok Li Junhui/Liu Yuchen, 19-21, 21-16, 21-18.

Pada babak semifinal, Marcus/Kevin ditakdirkan bertemu dengan ganda Jepang kembali Takeshi/Keigo. Kali ini, Marcus/Kevin tampil superior dengan menang rubber game 21-10, 8-21, 21-16.

Baca: Hasil Lengkap Final DWSSF 2017


Lalu, Marcus/Kevin melaju ke final dan bersua Liu Cheng/Zhang Nan. Mereka menang dengan kedudukan akhir 21-16 dan 21-15. Marcus/Kevin menjadi satu-satunya wakil Indonesia setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto kandas.

Berikut ini, Medcom.id merangkum keberhasilan Marcus/Kevin di dunia bulu tangkis sepanjang tahun ini:

7 - Tujuh gelar super series diboyong Marcus/Kevin sepanjang tahun 2017. Ini menjadi rekor baru dalam sejarah bulu tangkis dunia.

1 - Hingga Desember 2017, Marcus/Kevin masih menjadi ganda nomor satu di dunia

2 - Dari tiga kali pertemuan, Marcus/Kevin berhasil menang dua kali atas wakil Tiongkok Liu Cheng/Zhang Nan

9 - Marcus/Kevin berhasil menembus sembilan final super series sepanjang tahun ini

4,2 -  Total hadiah uang yang diterima Marcus/Kevin setelah menjuarai tujuh super series sebesar Rp4,2 miliar

Video: Kevin/Marcus Ganda Putra Terkaya di 2017


(ASM)