Prestasi Menurun, Pelatih Legendaris Bulu Tangkis Tiongkok Dicopot

Kautsar Halim    •    12 April 2017 17:01 WIB
bulu tangkis
Prestasi Menurun, Pelatih Legendaris Bulu Tangkis Tiongkok Dicopot
Li Yongbo berpose bersama Lin Dan. (STR / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Li Yongbo dicopot dari jabatannya sebagai kepala pelatih timnas bulu tangkis Tiongkok. Informasi itu tersebar di media lokal pada Selasa 11 April waktu setempat.

Li dianggap pelatih legendaris karena sudah bertugas selama 24 tahun. Selain itu, ia juga pernah berjasa ketika masih aktif sebagai pemain ganda putra.

Keputusan mencopot jabatan Li diambil karena Komite Olimpiade Tiongkok (COC) sedang berbenah menuju prestasi yang lebih baik. Penurunan perestasi di Olimpiade 2014 Rio disinyalir sebagai salah satu alasan pencopotan jabatan tersebut.


Klik: Jonatan Christie Memburu Poin di Singapura


Sebelumnya, Li berhasil mengantarkan lima medali emas ketika mengarungi Olimpiade 2012 London. Namun, tren positif itu menurun lantaran tim bulu tangkis Tiongkok hanya menyumbang dua medali emas pada Olimpiade 2014 Rio de Janeiro.

"Informasi resminya memang belum diumumkan. Tapi saya sudah mengemban jabatan ini selama bertahun-tahun dan merasa sedikit lelah juga," ujar Li menanggapi pencopotan jabatannya.

"Ini waktunya memberi kesempatan kepada generasi muda untuk memimpin tim. Mungkin keputusan ini bisa membuat tim menjadi lebih baik," tambahnya.


Klik: Main Tiga Game, Fitriani dan Anggia/Ketut Lolos ke Babak Kedua


Prestasi terakhir Li sebagai pemain ganda putra adalah merebut medali perunggu Olimpiade 1992. Setelah itu, ia langsung beralih menjadi pelatih dan sukses memberikan prestasi menawan selama 24 tahun belakangan ini.

Sudah banya gelar bergengsi yang sudah diberikan Li kepada Tiongkok. Beberapa di antaranya adalah 18 medali emas Olimpiade, 10 trofi Piala Sudirman, 9 gelar Piala Uber, serta 5 trofi Piala Thomas.

Sejauh ini, pengurus Badminton Tiongkok belum menemukan pengganti Li. Namun besar kemungkinan, penggantinya akan diumumkan sebelum penyelenggaraan Piala Sudirman pada akhir Mei mendatang. (scmp.com)

 


(ACF)