Jelang Indonesia Masters 2018

Susy Susanti tak Berharap Tunggal Putri Juara

Kautsar Halim    •    22 Januari 2018 20:08 WIB
bulu tangkisolah raga
Susy Susanti tak Berharap Tunggal Putri Juara
Susy Susanti-Medcom.id/Kautsar Halim

Jakarta: Ajang Indonesia Masters 2018 bakal menjadi tantangan tersendiri bagi tuan rumah Indonesia. Pasalnya, para peserta turnamen adalah pemain-pemain top dunia yang berada di ranking 20 besar dunia.

Perhelatan Indonesia Masters tahun ini akan diikuti para pebulu tangkis 20 besar dunia karena levelnya naik menjadi grade empat atau setara dengan event Superseries. Sebelumnya, Indonesia Masters hanya setara dengan turnamen Grand Prix Gold.

Susy Susanti, selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyadari betul tantangan di Indonesia Masters 2018. Namun, Susy optimistis anak-anak asuhnya mampu merebut satu gelar juara.

Baca juga: Daftar Para Unggulan di Indonesia Masters 2018

"Bila memperhatikan peserta yang ikut bertanding tentu tantangan besar bagi para pemain kami. Pasalnya, ada begitu banyak pemain top dari berbagai sektor. Jadi, meskipun menjadi tuan rumah tetap harus kerja ekstra keras," kata Susi dalam rilis jumpa pers jelang Indonesia Open 2018 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin 22 Januari 2018. 

"Tapi, saya selalu mengatakan paling tidak ada satu gelar dulu dalam tiap turnamen. Sebab, peluang juara mungkin datang dari sektor ganda putra dan ganda campuran. Itu bisa terjadi karena mereka memang lebih unggul dari segi ranking," tambahnya ketika ditemui langsung usai jumpa pers.

Melirik ketatnya peta persaingan, PBSI selaku induk bulu tangkis Indonesia turut menurunkan kekuatan maksimal. Sejumlah pemain unggulan seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (ganda putra), Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran), Anthony Ginting (tunggal putra), dan Greysia Polii/Apriani Rahayu (ganda putri) dipastikan turun.

Baca juga: Istora 98 Persen Siap Helat Indonesia Masters 2018

Sementara untuk tunggal putri, Indonesia yang minim pemain unggulan tetap mengirimkan pemain terbaiknya seperti Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani. Menyikapi itu, Susy berharap ada wakil tunggal putri Indonesia yang tembus semifinal.

"Kami berharap ada konsistensi dulu dari nomor ganda putri agar mereka bisa naik peringkat. Pasalnya, tunggal putra juga sudah menunjukkan peningkatan. Jadi harapannya di Indonesia Masters ini agar mereka (wakil tunggal putri) bisa tembus babak delapan besar," pungkas Susy.   

Total, empat wakil tunggal putri Indonesia akan tampil di turnamen berhadiah total USD350 ribu tersebut, yakni Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, Hanna Ramadini, dan Dinar Dyah Ayustine. Mereka bakal bersaing dengan tunggal putri level dunia seperti Carolina Marin (Spanyol), Tai Tzu Ying (Taiwan), Ratchanok Intanon (Thailand), atau Pusarla V. Sindhu (India).

Tak ingin ketinggalan berita seputar olahraga? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Fajar/Rian Juara Malaysia Masters 2018 
 


(RIZ)