Anthony Ginting Juara China Open 2018

Gregah Nurikhsani Estuning    •    23 September 2018 13:28 WIB
bulu tangkis
Anthony Ginting Juara China Open 2018
Anthony Ginting. (Foto: ANTARA FOTO/HO/Humas PBSI)

Changzhou: Anthony Sinisuka Ginting tampil luar biasa untuk keluar sebagai juara China Open 2018. Tunggal putra andalan Indonesia itu mengalahkan pebulu tangkis Jepang, Kento Momota lewat dua game langsung, 23-21 21-19.

Di game pembuka, kedua pebulu tangkis sempat kejar mengejar angka. Satu momen Ginting unggul, namun di momen lain Momota berhasil mengejar dan balik memimpin lewat smash menyilang yang ciamik.

Keunggulan dua poin mampu dijaga Ginting, namun pada akhirnya Kento mampu unggul 11-10. Padahal sebelumnya, Ginting sempat unggul 10-8.

Saling menyalip poin kembali terjadi usai interval game pembuka. Ginting sampai tertinggal 14-19 dari unggulan ketiga itu, namun ia berhasil mengejar sampai akhirnya menutup game pertama dengan skor 23-21.

Serupa dengan game pembuka, kedua pebulu tangkis tetap tak mau mengalah di game kedua. Pertahanan apik Kento memaksa Ginting untuk lebih bersabar dan mencari opsi menyerang lain.

Tanda-tanda rubber terlihat kala Ginting tertinggal 9-13. Hebatnya, perbedaan poin mampu disamakan menjadi 16-16. Intensitas laga semakin tak terbendung. Keduanya kini terus bermain offensive dan mengerahkan segala kekuatannya.

Saat skor 19-19, Ginting seakan telah menemukan celah. Di sisi lain, lawannya terus melakukan kesalahan sehingga hal ini dimanfaatkan Ginting untuk menyudahi pertandingan dengan skor 21-19.

Perjalanan berat ditempuh Anthony Ginting sebelum melaju ke partai puncak. Bagaimana tidak, pada babak pertama saja ia sudah harus bertemu Lin Dan.

Setelah melewati hadangan berat Lin Dan, giliran jagoan Denmar, Viktor Axelsen di babak kedua. Hebatnya, Anthony Ginting cuma butuh dua game untuk melaju ke babak perempat final.

Di babak ini, Anthony Ginting bersua Chen Long yang sudah dua kali beruntun ia kalahkan pada pertemuan sebelumnya. Lewat tiga game, atlet tuan rumah itu harus tertunduk malu di depan publiknya sendiri.

Berkat kemenangan di China Open 2018 ini, Ginting menjadi pebulu tangkis Indonesia pertama yang memenangi Super Series Premier/Super750+ yang digelar di Tiongkok.

Video: Indra Sjafri Telah Mengetahui Ciri Permainan Thailand