Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2016

Indonesia Finis Urutan Kelima di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior

Rendy Renuki H    •    07 November 2016 11:24 WIB
bulu tangkis
Indonesia Finis Urutan Kelima di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior
Tim Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2016 (Dok. PBSI)

Metrotvnews.com, Bilbao: Tim Indonesia harus puas finis di urutan kelima Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior (WJC) 2016 yang digelar di Bilbao, Spanyol, Minggu 6 November waktu setempat.

Indonesia terhenti pada babak perempat final usai kalah 1-3 atas Malaysia, dan pada babak penentuan ranking lima hingga delapan, Indonesia berhasil meraih kemenangan 3-0 atas India, dan 3-1 atas Taiwan. 

Hasil ini tentu tak lebih baik dari catatan tim Merah-Putih di tiga edisi WJC terakhir, di mana skuat muda selalu bisa tampil di partai puncak.

“Memang hasil atas Taiwan sudah sesuai dengan prediksi kita, dan secara keseluruhan saya sebagai tim manajer meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa ini hasil terbaik yang kita dapatkan," ujar manajer tim, Fung Permadi di situs resmi PBSI.

(Baca: Senin, Andy Murray Kudeta Novak Djokovic dari Peringkat Satu Dunia)

"Mungkin memang belum seusai harapan, tetapi inilah hasil terbaik dan sudah maksimal dari anak-anak untuk pertandingan beregu. Ke depannya, masih ada beberapa kesalahan yang akan kita perbaiki, dan ini menjadi bahan evaluasi kita,” lanjutnya. 

Sementara, Chief de Mission WJC, Achmad Budiharto menuturkan hal senada. Ia menilai Hasil ini memang belum sesuai harapan, karena target awal yakni mengulang hasil tahun lalu.

"Posisi kelima ini tidak terlalu jelek, tetapi melihat dari perjuangan anak-anak saya kira sudah maksimal. Dan tentu menjadi bahan evaluasi. Ada beberapa sektor kita yang masih punya kelemahan. Tunggal putra harus diperbaiki dan memantapkan tunggal putri,” ujar Budiharto.

Dengan berakhirnya laga beregu, kini tim sudah harus kembali bersiap menyongsong laga nomor individu di Piala Eye Level, Selasa 8 November besok.

“Kondisi anak-anak sejauh ini fit, hanya saja perubahan cuaca hari ini harus diwaspadai karena lebih dingin dari biasanya. Dan tentu mereka sudah dalam keadaan siap untuk bertarung,” tutur Fung. 

Berikut hasil pertandingan Indonesia vs Taiwan:
- Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu vs Chen Min Sin/Hu Ling Fang 21-15, 21-16

- Chico Aura Dwi Wardoyo vs Lee Chia Hao 15-21, 22-20, 13-21

- Andika Ramadiansyah/Rinov Rivaldy vs Su Li Wei/Ye Hong Wei 21-16, 21-18

- Gregoria Mariska vs Jhou Shih Jyun 21-9, 19-21, 21-10

- Apriani Rahayu/Tania Oktaviani Kusumah vs Hu Ling Fang/Lee Chih Chen (tidak dimainkan)

Video: Orlando Magic Menang atas Washington Wizards 88-86
 


(ASM)