Akibat Sponsor, Lin Dan Nyaris Dilarang Main di Negaranya

Rendy Renuki H    •    24 Desember 2017 11:00 WIB
bulu tangkis
Akibat Sponsor, Lin Dan Nyaris Dilarang Main di Negaranya
Lin Dan

Jakarta: Pebulu tangkis tunggal putra Tiongkok, Lin Dan, rupanya diketahui nyaris dilarang bermain di negara akibat persoalan sponsor. Lin Dan sempat dilarang tampil di ajang Tiongkok Badminton Super League pada 2014 silam.

Tiongkok Badminton Super League memang memiliki reputasi terkenal dalam hal konflik sponsor sejak 2010 lalu. Terutama antara sponsor utama dengan sponsor pribadi yang menaungi sang atlet. 

Persoalannya sepele. Lin Dan bermain di ajang tersebut membawa sponsor pribadinya yaitu Yonex. Sementara, ofisial sponsor Tiongkok Badminton Super League sendiri dinaungi oleh Li Ning di musim 2016--2017.

Hal itu membuat pihak penyelenggara sempat akan menghentikan pertandingan Lin Dan yang masuk ke arena membawa tas berlogo Yonex. Hal itu terjadi karena Li Ning sang sponsor utama tak mengizinkan ia membawa tas tersebut.

Baca: Pelatih Tidak Masuk SK Promosi-Degradasi di PBSI


Namun, setelah negosiasi, Lin Dan akhirnya diizinkan bermain. Dengan satu catatan, hak siaran langsung pertandingan tersebut dinonaktifkan oleh pihak liga.

Tak hanya itu, tim yang dibela Lin Dan, Qingdao Renzhou, juga terkena imbasnya. Qingdao dikenakan dendan meski tim yang diperkuat Lin Dan tersebut mampu mengalahkan tim Zhejiang 4-1.

Komite Disiplin Tiongkok Badminton Super League menjatuhkan denda 12.000 Yuan (Rp24 juta) kepada Qingdao. Tim tersebut juga mendapat peringatan keras agar tidak membawa sponsor pribadi ke dalam ajang bulu tangkis tersohor di Tiongkok itu.

Tiongkok Badminton Super League memang telah menjadi pusat kekuatan bulu tangkis Negeri Tirai Bambu hingga kini. Namun, liga bulu tangkis itu justru masih kerap bermasalah dalam penyelenggaraannya.

Selain sering bermasalah terkait sponsor, ajang itu pun diketahui kerap memiliki masalah skandal keterlambatan gaji pemain, bahkan tidak dibayar. Membuat ajang itu mulai kalah pamor oleh India Badminton Super League yang sukses menarik banyak pemain seperti Carolina Marin hingga Victor Axelsen. (Badminton Planet)

 


(REN)