Indonesia Open Super Series 2017

Jonatan Satu-satunya Harapan Indonesia yang Lolos ke Babak Kedua

Patrick Pinaria    •    14 Juni 2017 22:52 WIB
bulu tangkisindonesia open super series premier 2017
Jonatan Satu-satunya Harapan Indonesia yang Lolos ke Babak Kedua
Jonatan Cristie (Foto: MTVN/Patrick)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Indonesia di tunggal putra Indonesia Open 2017 belum habis. Ya, Indonesia masih memiliki satu-satunya andalan, yakni Jonatan Christie pada ajang tersebut.

Kepastian itu didapat setelah Jonatan meraih kemenangan atas pebulutangkis Taiwan, Hsu Jen Hao pada babak pertama lewat dua game langsung 21-17, 21-15.

Sebelumnya, dua tunggal putra Indonesia sudah berguguran seperti Tommy Sugiarto dan Anthony Sinisuka Ginting. Tommy dikalahkan Lee Chong Wei, sedangkan Anthony disingkirkan Prannhoy H.S.

Baca juga: Lee Chong Wei Bidik Gelar Ketujuh di Indonesia Open

Kegagalan yang dialami kedua kompatriotnya sebelum laga tak membuat Jonatan terbebani. Jonatan berhasil tampil impresif sejak awal pertandingan. 

Jonatan mampu unggul 11-7. Namun Hsu Jen sempat memperkecil ketinggalan menjadi 13-14. Perjuangan Hsu Jen akhirnya terhenti karena Jonatan kembali mendominasi dan menutup game pertama dengan skor 21-17.

Melihat kekalahan pada game pertama, Hsu Jen mencoba tampil lebih agresif pada awal game kedua. Ia mampu unggul 5-2.

Sayangnya, harapan Hsu Jen untuk menaklukkan Jonatan pupus. Jonatan kembali mampu meningkatkan performanya hingga berhasil menutup game kedua dengan skor 21-15.

Jonatan mengaku sempat kesulitan meraih kemenangan karena gangguan angin di arena pertandingan. Perlahan, Jonatan mulai mengatur strategi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut sehingga bisa menaklukkan lawan.

Baca juga: Lee Chong Wei Akui Kesulitan Menghadapi Tommy Sugiarto

"Saya sudah empat kali bertemu dia. Di pertandingan tadi ada beberapa kendala seperti angin. Mungkin ini karena JCC tak biasa mengadakan turnamen besar seperti Indonesia Terbuka Super Series Premier. Beberapa kali bolanya goyang dan tidak stabil. Sempat beberapa kali smash tidak akurat. Tapi saya yakin semua pemain merasakannya," ujar Jonatan, di mix zone Plenary Hall, Jakarta Convention Centre, Jakarta Pusat, Rabu 14 Juni 2017.

"Kita semua merasakan angin. Jadi itu tidak bisa dijadikan alasan. Yang terpenting bagaimana caranya menerapkan strategi yang tepat. Pertahanan Hsu bagus, dia ulet, dan berani angkat bola tinggi. Dia berharap saya mati sendiri karena angin yang tidak stabil," sambungnya.

Selanjutnya di babak kedua, Jonatan bakal menghadapi rintangan berat. Ia akan menghadapi unggulan kedelapan asal Tiongkok Chen Long.

Video: Tundukkan Pasangan Korsel, Owi/Butet Melaju ke Babak Kedua 
 


(RIZ)