Victor Exist Jakarta Open 2017

VEJO 2017 Resmi Bergulir Hari Ini

Kautsar Halim    •    31 Juli 2017 15:48 WIB
bulu tangkis
VEJO 2017 Resmi Bergulir Hari Ini
Suasana pertandingan bulu tangkis di VEJO 2017. (Foto: Metrotvnews.com/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Victor Exist Jakarta Open (VEJO) Junior Internasional Championships 2017 resmi bergulir pada hari ini, Senin 31 Juli. Perhelatannya berlangsung di Gelanggang Remaja Tanjung Priok, Jakarta Utara, selama seminggu (31 Juli hingga 6 Agustus).

Ada tiga kategori usia yang dilombakan di turnamen bulu tangkis berlevel dunia tersebut, yakni U-15 (Pemula), U-17 (Remaja) dan U-19 (Taruna). Jalannya pertandingan hari pertama dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan memainkan nomor tunggal putra. 

Menurut rilis yang diterima Metrotvnews.com, jumlah total peserta yang berpartisipasi mencapai 807 ribu atlet dari 15 negara. Jadi, selain dari Indonesia, turut hadir juga para pemain dari Malaysia, Filipina, India, Thailand, Singapura, Jepang, Vietnam, Taiwan, Republik Ceko, Kanada, Inggris, Prancis, Irlandia dan Korea Selatan. 

VEJO 2017 bisa terselenggara rutin tiap tahun berkat rekomendasi Badminton Asia dan PP PBSI. Selain itu, persaingan di antara pemain juga bakal ketat karena bakal memengaruhi poin para peserta kategori remaja dan taruna di ranking dunia atau Konfederasi Badminton Asia (BAC). 

Baca: Kecerobohan Verstappen Merugikan Red Bull


Berhubung antusiasme VEJO 2017 sangat besar, jalannya turnamen dipecah menjadi dua venue. Khusus kategori lomba U-15 dan U-17 memang berlangsung di GOR Tanjung Priok, sedangkan untuk kategori U-19 bergulir di GOR Sunter yang bersebelahan dengan Hotel Sunlake.

"Itu terpaksa kami lakukan karena untuk laga kategori U-19 itu biasanya berlangsung lebih lama. Sementara, peserta di sini saja sudah banyak sekali. Tapi bukan kendala juga jika harus dipisah, soalnya GOR Sunter tidak jauh dari sini," ujar Abraham yang merupakan salah satu ofisial turnamen di GOR Tanjung Priok. 

"Meski begitu, kami memang fokus kelangsungan turnamen untuk para pemain dari usia muda yang berlangsung di GOR Tanjung Priok. Oleh karena itu, kemungkinan besar seluruh babak fase gugur akan berlangsung di sini GOR Tanjung Priok," tambahnya.

Adanya pembagian venue bukan kendala berarti. Pasalnya, tiap pertandingan tetap berlangsung baik sambil didukung berbagai fasilitas berstandar internasional. 

Baca: Alasan Hamilton Menyerahkan Posisi Ketiga kepada Bottas


GOR Tanjung Priok yang biasa digunakan sebagai lapangan bola basket disulap menjadi empat lapangan bulu tangkis yang memiliki penerangan cukup baik. Selain itu, terdapat pendingin udara di tribun agar para pengunjung yang datang merasa nyaman.

"Ini pertama kali kami bertanding di sini (GOR Tanjung Priok). Biasanya kami main di Jaya Raya, Djarum atau Kudus. Saya lihat penyelenggaraan di sini lebih bagus karena ada hawa dingin. Jadi bakal lebih baik bagi pemain luar negeri seperti Jepang dan Korea Selatan karena hawanya memang sejuk. Saya rasa penyelenggaraan ini sudah berstandar internasional," kata kepala pelatih timnnas bulu tangkis Malaysia Kwan Woke Ming ketika ditanya Metrotvnews.com seputar kualitas penyelenggaraan.


Pelatih junior tim Malaysia, Kwan Woke Ming. (Foto: Metrotvnews.com/Kautsar Halim)

Sementara itu, apiknya kualitas event juga diamini oleh Aldi Firmanda yang mewakili klub PB Djarum di kategori U-17 tunggal putra. Berdasarkan pengalamannya bertanding di berbagai turnamen, kondisi di venue VEJO 2017 memang lebih baik ketimbang dengan venue lainnya.

"Sebelum main di sini saya juga mengikuti Sirkuit Nasional. Dan fasilitas maupun kualitas penyelenggaraannya memang lebih bagus di sini. Lagipula kan ini berlevel internasional," kata Aldi yang langsung gugur pada laga pertama usai dikalahkan wakil Korea Selatan.


Aldi Firmanda. (Foto: Metrotvnews.com/Kautsar Halim)

Hari pertama VEJO 2017 sudah bergulir sejak pukul 09.00 WIB dan diawali dengan berbagai laga dari nomor tunggal putra. Menurut penjelasan penyelenggara, jalannya turnamen pada fase penyisihan ini bisa memakan waktu hingga pukul 22:00 WIB.

Video: Duo Pembalap Ferrari Rajai GP Hungaria
 


(ASM)