Cerita Perjuangan Dara asal Papua Menuju Kudus

Patrick Pinaria    •    03 September 2016 00:25 WIB
bulu tangkis
Cerita Perjuangan Dara asal Papua Menuju Kudus
Angelica Febriana Timporok (Foto: MTVN/Patrick)

Metrotvnews.com, Kudus: Antusiasme dara kelahiran Jayapura, Papua, 14 tahun silam ini patut diacungi jempol. Keinginannya untuk menjadi atlet bulu tangkis kenamaan di Indonesia bahkan dunia, tidak menyurutkan tekadnya untuk mengikuti audisi kesekian kalinya.

Ya, Angelica Febriana Timporok rela terbang ribuan kilometer jauhnya untuk mengikuti Final Audisi Beasiswa Bulu Tangkis 2016, yang diselenggarakan Djarum Foundation di Kota Kudus, Jawa Tengah, pada Jumat 2 September. 

Meski lelah terasa, hal itu tidak menurunkan semangatnya untuk mencoba peruntungan di audisi kali ini. Audisi yang kerap melahirkan sejumlah pebulu tangkis hebat di negeri ini.

Antusiasme itu sangat terlihat di wajah Angelica yang terus mengurai senyum. Kali ini, Angelica ditemani sang ibunda tercinta yang terus memberikan dukungan kepadanya.

"Iya. Saya ke sini bersama mama," ujar Angelica saat ditemui Metrotvnews.com di Gelanggang Olah Raga PB Djarum, Jati, Kudus, Jumat (2/9/2016).

Dukungan untuk Angelica memang terus mengalir dari orang-orang tercinta, termasuk dari sang ibunda, Sumiarti.

Menurut sang bunda, putrinya ini memang sangat mencintai olahraga bulu tangkis sejak usianya masih 6 tahun. Sumiarti pun memasukkan Angelica ke salah satu klub bulu tangkis di Jayapura. 

Berbekal itu, sejumlah turnamen kerap diikutinya termasuk di Jayapura tanah kelahirannya. Prestasinya lumayan. Angelica pernah menjadi juara 1 tunggal putri pada turnamen Jayapura Cup 2014.

Untuk audisi kali ini, Angelica mengaku tidak mudah untuk lolos ke final. Pasalnya ia harus mengikuti audisi umum langsung di Kudus, sebelum lolos ke babak final.

Di audisi umum, ia harus bersaing dengan ribuan peserta lainnya dari sejumlah kota di Indonesia. Bahkan ia harus bersaing dengan sejumlah rekannya asal Papua, demi beasiswa yang bisa mengorbitkannya di olahraga tepok bulu ini.

"Tadinya ada enam orang Papua yang ikut audisi ini. Tetapi hanya saya yang lolos," tutur penggemar berat Susi Susanti tersebut.

Tekad baja Angelica ini terbayar dan sepadan dengan kemauan kerasnya. Wajar saja, ini bukanlah kali pertama Angelica mengikuti audisi beasiswa bulu tangkis di Kudus. Sebelumnya, ia pernah mengikuti audisi yang sama dua kali. Pertama pada tahun 2014, kedua tahun 2015. Namun keduanya berujung dengan kegagalan.

Seperti kata pepatah 'Kegagalan adalah Keberhasilan yang Tertunda', hal itu sepertinya tertanam di jiwa siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Jayapura ini. Tak ingin gagal lagi, Angelica terus memotivasi dirinya dan memperbaiki performanya. 

Buktinya, pada audisi kali ini, kata Angelica, ia rela melakukan persiapan dengan melakukan latihan empat jam dalam sehari. Itu dilakukannya secara rutin lima kali selama sepekan.

Hal itu pun diamini sang bunda. "Audisi tahun ini sudah menjadi audisi ketiga untuknya. Sebelumnya sudah pernah ikut pada 2014 dan 2015," kata sang bunda.

"Ia sudah melakukan persiapan untuk menghadapi audisi ini. Seminggu lima kali latihan. Dalam satu hari, ia latihan dari jam 3 hingga jam 7," lanjutnya.

Perjuangan Angelica memang belum berakhir. Atlet berbakat dari ujung timur Indonesia itu masih harus melewati beberapa tahapan lagi di final audisi tahun 2016. Semoga berhasil Angelica.

Data Pribadi:
Nama: Angelica Febriana Timporok
TTL: Jayapura, 1 Februari 2002
Status: Pelajar kelas 1 SMAN 4 Jayapura
Prestasi: Juara 1 Tunggal Putri Jayapura Cup 2014.
Idola: Susi Susanti


(RIZ)

Kondisi Atlet Hoki DKI yang Alami Luka Kepala Membaik

Kondisi Atlet Hoki DKI yang Alami Luka Kepala Membaik

2 hours Ago

Kondisi atlet hoki DKI Jakarta Dadan Mochammad Ramdhani yang mengalami luka di bagian kepala te…

BERITA LAINNYA