Indonesia Open Super Series Premier 2017

Start Manis Hendra Setiawan/Tan Boong Heon

Krisna Octavianus    •    12 Juni 2017 11:55 WIB
bulu tangkisindonesia open super series premier 2017
<i>Start</i> Manis Hendra Setiawan/Tan Boong Heon
Hendra Setiawan (kanan)/Tan Boong Heon (kiri). (Foto: Metrotvnews.com/ Krisna Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasangan gado-gado Hendra Setiawan/Tan Boong Heon berhasil lolos dari babak kualifikasi pertama di ajang BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017, Senin 12 Juni siang WIB. Mereka mengalahkan ganda muda Indonesia, Kenas Adi Haryanto/Moh Reza Pahlevi Isfahani dalam pertandingan ketat tiga game 23-25, 21-17, dan 21-18.

Pasangan yang baru enam bulan bersatu ini menjalani laga yang sulit saat menghadapi Kenas/Reza Pahlevi. Mereka bahkan harus kalah terlebih dahulu pada game pertama dengan skor 23-25. Pasangan Kenas/Reza menampilkan determinasi yang baik pada gam pertama.

Namun, pada game kedua Hendra/Tan mampu keluar dari tekanan dan unggul 11-10 pada game kedua. Pasangan Indonesia-Malaysia itu mulai bisa menemukan ritme permainan mereka dan mengatasi kondisi lapangan. Pada game kedua mereka berbalik menang dengan skor 21-17.

Pada game ketiga, pertandingan berjalan lebih mudah bagi Hendra/Tan. Mereka langsung melesat untuk unggul 9-5. Akan tetapi, mereka lengah dan malah dibalap perolehan poinnya menjadi 10-11.

Skor sempat ketat sampai 16-16, tetapi Hendra/Tan menunjukkan kelasnya dan pengalamannya. Mereka akhirnya bisa menutup laga dengan skor 21-18.

Dengan kemenangan ini, Hendra/Tan berhasil melaju ke kualifikasi putaran kedua dan akan memnghadapi wakil Korea Selatan, Choi Solgyu/Kim Dukyoung. Hendra menegaskan mereka harus lebih siap lagi untuk kualifikasi putaran kedua nanti malam.

Baca: Marcus/Kevin Bangga jadi Tumpuan Indonesia


"Mungkin sudah biasa latihan bareng, jadi sudah sama-sama tahu. Kita harus lebih siap saja nanti malam melawan Korea Selatan," ujar Hendra kepada wartawan.

Sementara itu, Tan tak mau muluk-muluk soal prestasi di Indonesia Open tahun ini. Ia menegaskan hanya fokus pertandingan demi pertandingan.

Baca: Sekjen PBSI Yakin Indonesia Open Tetap Dipadati Penonton


"Kita selangkah demi selangkah saja karena sebelumnya kita tidak pernah melaju ke perempat final atau semifinal. Jadi, kita langkah demi langkah saja, lolos kualifikasi dulu," sambungnya.

"Tak ada kendala, karena kami saling percaya. Sekarang lebih baik lagi, tidak masalah, tidak seperti di awal-awal," kata Hendra.

Terhentinya langkah Kenas/Reza menambah deretan ganda putra Indonesia yang berguguran di kualifikasi pertama hari ini. Sebelumnya, Trikusuma Wardhana/Riky Widianto dan Andrei Adistia/Agripinna Prima juga tak berhasil melangkah ke babak selanjutnya. Kedua pasangan itu kalah setelah tak mampu melanjutkan pertandingan kerena cedera.

Video: Jelang Indonesia Open, Lapangan JCC Belum Siap 100%



(ASM)