Klub Exist Jakarta Utara Pesta Juara Turnamen Spesial Ganda

Gregah Nurikhsani Estuning    •    24 Desember 2017 16:46 WIB
bulu tangkis
Klub Exist Jakarta Utara Pesta Juara Turnamen Spesial Ganda
Yonex-sunrise Doubles Special Championship

Jakarta: Klub Exist Jakarta Utara berpesta dalam kejuaraan Yonex Sunrise Doubles Special Championships VIII/2017. Di ajang berhadiah Rp200 juta itu, klub ini meraup tujuh gelar juara dari 13 wakil yang lolos di final dan menciptakan lima partai sesama Exist di final.

Dalam laga final di Hall Candra Wijaya International Badminton Centre (CWIBC), Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu 23 Desember 2017, penggawa Exist tampil mempesona. Ketujuh gelar didapat dari ganda pemula putra-putri, ganda remaja putra-putri, ganda putri taruna, ganda campuran remaja, dan ganda campuran taruna.

"Syukurlah Exist bisa tampil sebagai juara umum dengan tujuh gelar juara," kata Muhammad Rijal, pelatih PB Exist.

Di tengah dominasi Exist, tuan rumah masih bisa tersenyum dengan raihan satu gelar. Galuh Dwi Putra/Nabila Putri Arsyillah naik podium juara setelah mengatasi Muh. Ridhwanul Arifin/Fadillah Nur Hidayah (Exist), 21-12, 18-21, 21-17.

"Ya senang sekali bisa menjadi juara dan ada gelar untuk CWIBC," tutur Galuh, pemain kelahiran Purbalingga, 31 Mei 2003.

Baca: Mei: Mantan Juara MotoGP Nicky Hayden Meninggal Dunia

Satu gelar lain direbut Jaya Raya di ganda putra taruna. Dalam final sesama Jaya Raya, Ferdian Mahardika/Ghiffari Anandaffa tampil sebagai jawara setelah menyingkirkan Affandy Rizki/Emanuel Rabdhy, 21-18, 13-21, 21-19.

"Puji syukur, kejuaraan berjalan sukses. Semoga saya bisa terus berkontribusi bagi bukutangkis Indonesia," tegas Candra Wijaya, inisiator kejuaraan.

Di hari final, panitia juga memberikan penghargaan kepada Hadi Nazri, tokoh di balik kejayaan bulutangkis Indonesia dan CWIBC.

Di ganda campuran pemula (U-15), wakil Exist, Crisandy Santoso/Melani Mamahit jadi kampiun. Di final, mereka mengalahkan andalan CWIBC, Gabriel Christopher Wintan Wijaya/Regina Abela Rullyanda, 22-20, 22-20.

"Untuk menang, kami butuh semangat dan mental kuat karena penonton di sini, semua mendukung tuan rumah. Ini gelar manis penutup akhir tahun," aku Melani, pemain kelahiran Palu, 16 Oktober 2002.

Baca: Anggaran Asian Games 2018 Dijamin Lancar oleh Menkeu

Di ganda putri pemula (U-15), Fadillah Nur Hidayah/Vyanana Bintang Racketta menjadi juara. Dalam final sesama wakil Exist, unggulan kedua ini menang 21-18, 21-15 atas rekannya Ester Nurumi Tri Wardoyo/Hazhiza Ardian.

"Ini gelar pertama kami yang juga baru pertama kali dipasangkan," ujar Bintang, pemain kelahiran 21 Januari 2003.

Untuk ganda putra pemula (U-15) yang juga mempertemukan sesama Exist di final, Arya Gunawan/Muhammad Zaffa Mustakim menjadi jawara dengan mengatasi Imam Wirawan/Muhammad Ridhwanul Arifin, 21-15, 12-21, 21-18.

"Akhirnya kami juara. Sebelumnya, kami kalah terus dalam tiga pertemuan," ujat Zaffa, pemain kelahiran Tulungagung (Jatim), 16 Mei 2003.

Pada ganda campuran taruna (U-19), Renaldi Samosir/Hediana Juli Marbela asal Exist menambah koleksi juara. Di final, unggulan ketiga ini menekuk kompatriotnya, Dejan Ferdiansyah/Tsavane Bethalia Putri Mertoso, 21-18, 21-9.

"Saya terkesan dengan pialanya. Bagus banget," aku Hediana, pemain kelahiran Batam, 5 Maret 1999 ini.

Bagi Renaldi/Hediana, kemenangan ini merupakan sukses yang keempat di 2017. Sebelumnya, mereka menjuarai Sirnas Yogyakarta, Victor Exist Jakarta Terbuka, dan Kejurnas di Bangka Belitung.

Baca: Akibat Sponsor, Lin Dan Nyaris Dilarang Main di Negaranya

Kejayaan Exist dilengkapi kemenangan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah Ulima Hidayat di ganda putri remaja (U-17). Di final, unggulan pertama ini menang 21-13, 21-18 atas teman sepelatihan, Salsabila Prameswara Haryanto/Steffany Purnama Wijaya.

"Ini gelar kami ketujuh sepanjang 2017," kata Nita, pemain kelahiran Majalengka (Jabar), 25 Maret 2001 ini.

Gelar sebelumnya yang direbut Nita/Putri di Sirnas Manado, Cilegon, Bandung, Mataram, Walikota Surabaya dan Walikota Cirebon.

Duel sesama Exist di ganda putri taruna (U-19), dimenangi Nur Sakinah Aulia/Tsavane Bethalia Putri Mertoso yang menang atas Beverly Gabriela/ Hediana Juli Marbela, 18-21, 21-14, 21-12.

Gelar ketujuh Exist dipersembahkan dari ganda putra pemula. Christopher David Wijaya/Naufal Daffa Dio Risqullah menekuk Bobby Alfiero/Rexky Afdillah (Jaya Raya), 21-15, 21-17.

Video: Kevin/Marcus Tutup 2017 dengan Manis
 


(REN)