Pelatih Ganda Putri Indonesia Ingin Makin Akrab dengan Para Pemainnya

Kautsar Halim    •    29 Januari 2019 22:02 WIB
bulu tangkis
Pelatih Ganda Putri Indonesia Ingin Makin Akrab dengan Para Pemainnya
Tim ganda putri Indonesia sedang berlibur. (Foto: Dok. PBSI)

Sukabumi: Pelatih tim ganda putri Indonesia, Eng Hian, angkat suara tentang kesulitan dirinya dan Chafidz Yusuf selaku asisten ketika melaksanakan tugas. Menurutnya, masih banyak pemain yang terkendala komunikasi dengannya.

Koh Didi--sapaan akrab Eng Hian, paham betul tim ganda putri diisi para perempuan yang tidak bisa sevulgar lelaki ketika berkomentar atau berpendapat. Tapi, kata dia, keterbukaan itu harus tetap terjalin agar tercipta pemain dan tim yang kuat.

"Mungkin, karena mereka perempuan jadi banyak sungkannya kepada saya. Ganda putri yang isinya perempuan semua ini memang lebih banyak faktor nonteknisnya,” ujar Eng seperti dikutip dari rilis Humas PBSI.

Agar bisa akrab dengan anak-anak asuhnya, tidak jarang Koh Didi terjun langsung membantu menyelesaikan masalah pribadi para atlet. Itu dilakukan agar para pemainnya bisa menjaga konsentrasi saat berlatih atau bertanding di lapangan. 

Baca: Cedera Pinggul, Andy Murray Kemungkinan Berhenti dari Tenis

“Kalau anak-anak sudah beri lampu hijau untuk bicara, biasanya dengan senang hati saya akan bicara dengan orang tuanya juga. Pokoknya bagaimana mereka bisa menyelesaikan masalah dan nyaman lagi untuk tampil,” tutup Eng.

Sementara ini, Eng Hian sedang berlibur bersama seluruh skuat utama tim ganda putri di Sukabumi, Jawa Barat, selama tiga hari (28-30 Januari). Momen itu akan dimanfaatkan juga untuk membangun kebersamaan dan keakraban di antara pemain.

Video: Piala Presiden Esport 2019 Siap Digelar


(ASM)