Malaysia Open 2018

Tommy dan Della/Rizki Gugur, Indonesia Tanpa Gelar

Kautsar Halim    •    30 Juni 2018 18:12 WIB
bulu tangkis
Tommy dan Della/Rizki Gugur, Indonesia Tanpa Gelar
Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. (Foto: Humas PBSI)

Kuala Lumpur: Indonesia harus mengubur asa meraih gelar juara di ajang Malaysia Open 2018. Itu terjadi lantaran seluruh wakilnya telah gugur pada fase semifinal, Sabtu 30 Juni.

Terdapat dua wakil Indonesia yang turun di fase semifinal. Untuk nomor ganda putri ada Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. Sedangkan, Tommy Sugiarto tampil di nomor tunggal putra. 

Tommy yang bukan pebulu tangkis Pelatnas takluk oleh wakil tuan rumah, Lee Chong Wei. Ia sempat memberikan perlawanan selama 52 menit sebelum akhirnya menyerah dengan skor, 21-18 dan 21-15.

Klik: Para Atlet Equinara akan Berjuang di Asian Games

Pertandingan kontra mantan pebulu tangkis terbaik dunia itu sempat berlangsung sengit, karena Tommy nyaris menang pada game pertama. Sayangnya, Chong Wei bisa menyalip raihan poin Tommy ketika tertinggal, 12-17.

Salip menyalip poin sudah langsung terjadi ketika Tommy memainkan game kedua. Tapi, raihan poin Chong Wei tidak lagi terkejar selepas kedudukan 7-7. Chong Wei pun bisa menang dengan lebih cepat.

Klik: Menpora Bangga Indonesia Tuan Rumah MXGP 2018

Della/Rizki yang berstatus sebagai pebulu tangkis pelatnas tampak tidak berdaya ketika dipertemukan dengan ganda putri unggulan kelima, Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi. Wakil Jepang itu hanya butuh waktu 35 menit untuk menutup laga dengan skor, 21-9 dan 21-9.

Dengan takluknya Della/Rizki dan Tommy, artinya Indonesia tidak memiliki wakil lagi di Malaysia Open 2018 yang akan memainkan partai final besok. 

Pasalnya, pemain andalan seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sudah gugur lebih dulu pada perempat final.





(KAU)