Malaysia Open 2019

Respons Fajar/Rian setelah Menaklukkan Kevin/Marcus

Kautsar Halim    •    06 April 2019 00:27 WIB
bulu tangkis
Respons Fajar/Rian setelah Menaklukkan Kevin/Marcus
Selebrasi kemenangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: Humas PBSI)

Kuala Lumpur: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya bisa mengalahkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Tren positif itu mereka wujudkan saat melakoni perempat final Malaysia Open 2019, Jumat 5 April.

Fajar/Rian dan Kevin/Marcus sama-sama pebulu tangkis ganda putra andalan pelatnas PBSI dan sering latihan bersama. Tapi, Fajar/Rian selalu kalah dalam tiga pertemuan di laga resmi sebelumnya, termasuk Indonesia Masters beberapa bulan lalu.

Kini, Fajar/Rian bisa mengubah skor pertemuan menjadi 1-3 berkat ajang yang bergulir di Axiata Arena, Kuala Lumpur Sports City, Malaysia. Saat itu, dia menang dalam tempo 55 menit dengan skor, 23-21, 19-21 dan 21-18. 
 

Klik: Ketut/Rizki Tumbang, Ganda Putri Indonesia Habis


Berbicara seusai laga, Fajar/Rian mengatakan bukan tugas mudah untuk mengalahkan Kevin/Marcus yang berstatus juga sebagai ganda putra terbaik dunia. Mereka harus tampil lebih sabar dan tidak mengulangi kesalahan pada pertemuan sebelumnya.

“Game kedua sempat unggul 12-7. Tapi, balik lagi ke kaminya, kalau sudah unggul jadi sedikit lengah dan enggak fokus. Itu yang mesti kami perbaiki kedepannya. Di game ketiga, kami mampu tampil lebih fokus,” ujar Rian seperti dikutip dari rilis Humas PBSI.

“Pada pertemuan sebelumnya, saya dan Rian tampil terlalu menggebu-gebu sehingga jadi main buru-buru di lapangan. Kalau tadi, kami memang benar-benar ingin menang. Tapi sambil mencoba menahan ego, sabar, bermain rileks dan enjoy,” timpal Fajar.
 

Klik: Ahsan/Hendra Tersingkir di Perempat Final Malaysia Open


Berikutnya pada semifinal, Sabtu 6 April, Fajar/Rian akan bentrok dengan ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Jika melirik rekor pertemuan, Fajar/Rian sedang tertinggal dengan skor, 3-4. Menanggapi itu, Fajar mengatakan dirinya dan Rian tidak gentar.

“Pemain Jepang terkenal dengan semangat tandingnya yang enggak gampang mati dan ulet. Nanti kami akan diskusi dengan pelatih dan partner mengenai strategi besok. Pokoknya kami siap untuk menampilkan yang terbaik,” pungkas Fajar.

Indonesia hanya mengirim dua wakil ke semifinal Malaysia Open 2019. Selain Fajar/Rian, ada Jonatan Christie yang lolos dari perempat final dan bakal menghadapi mantan tunggal putra terbaik dunia, Chen Long.




(KAU)