Denmark Open Super Series Premier 2017

Ini Penyebab Tontowi/Liliyana Menang Mudah di Perempat Final

Kautsar Halim    •    21 Oktober 2017 01:11 WIB
bulu tangkis
Ini Penyebab Tontowi/Liliyana Menang Mudah di Perempat Final
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Foto: Humas PBSI)

Metrotvnews.com, Odense: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tampil sangat menawan ketika melakoni perempat final Denmark Open Super Series Premier 2017, Jumat 20 Oktober. Saat itu keduanya bisa menang dengan mudah meski lawan yang dihadapinya adalah Zhang Nan/Li Yinhui.

Tontowi/Liliyana yang berstatus sebagai unggulan ketiga dan ganda campuran terbaik Indonesia itu hanya butuh waktu 37 menit untuk menutup perlawanan Zhang/Li. Wakil Tiongkok itu dibuat Tontowi/Liliyana menyerah dengan skor telak, 21-10 dan 21-16.

Hasil ini cukup mengejutkan karena Tontowi/Liliyana dibuat kerepotan ketika bentrok pertama kali dengan Zhang/Li di China Open Super Series Premier 2016. Saat itu, Tontowi/Liliyana baru memastikan kemenangan setelah bermain hingga tiga game, 21-13, 22-24, dan 21-16.
 

Klik: Asa Baru Alonso usai Perpanjang Kontrak dengan McLaren


Berbicara seusai melakoni perempat final di Odense Sports Park, Tontowi/Liliyana punya opini tersendiri atas kemenangan mudah yang tercipta. Selain Zhang/Li dianggap belum kompak, Tontowi/Liliyana memang sudah mempelajari permainan lawan dengan baik.

“Kemenangan di pertemuan sebelumnya memang menjadi modal buat kami untuk tampil lebih percaya diri. Kami bertemu Zhan Nan sudah sering sekali, mungkin puluhan kali. Jadi, kami sudah hafal permainannya dan mungkin dia juga hafal permainan kami," ujar Liliyana seperti dikutip dalam rilis Humas PBSI.

"Bedanya, dulu dia (Zhang Nan) berpasangan dengan Zhao Yunlei yang lebih bagus. Di sisi lain, saya dan Owi lebih lama berpasangan dan lebih matang. Zhang/Li seperti masih belum menemukan kecocokan saja,” tambah Liliyana.

 “Sebetulnya, saya tidak menyangka juga bisa menang mudah. Apalagi Zhang Nan adalah pemain berpengalaman. Namun tadi, kami memang bermain lebih tenang dan tidak memikirkan poin sama sekali,” timpal Tontowi.


Klik: Marcus/Kevin dan Della/Rizki Melenggang ke Perempat Final


Selanjutnya pada semifinal, Tontowi Liliyana akan ditantang wakil Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying suet. Secara di atas kertas, Tang/Tse lebih lemah ketimbang Zhang/Li karena berstatus sebagai unggulan kedelapan.

Selain itu, Tang/Tse juga sempat berjuang lebih keras di perempat final karena Ronan Labar/Audrey Fontaine (Prancis) yang menjadi lawan mereka saat itu baru bisa ditaklukkan dengan skor rubber game, 15-21, 21-13, dan 21-11.

Kendati demikian, Tontowi/Liliyana tidak akan menganggap remeh Tang/Tse. Menurut Liliyana, ia bersama Tontowi akan tetap tampil serius dan mengerahkan seluruh kemampuan untuk memastikan tiket final

“Intinya kami waspada terhadap siapa pun lawannya, karena jika sudah masuk semifinal di turnamen kelas seperti ini pasti pemain yang bagus.
Kami harus lebih siap, seperti pertandingan hari ini. Mudah-mudahan besok kami bermain lebih baik,” pungkas Liliyana.  (RO)

 


(KAU)