Indonesia Open Super Series 2017

Belum Ada Keluhan Angin dari Peserta Indonesia Open 2017

Krisna Octavianus    •    13 Juni 2017 07:30 WIB
bulu tangkis
Belum Ada Keluhan Angin dari Peserta Indonesia Open 2017
Sekjen PBSI Achmad Budiharto (Foto: MTVN/Krisna)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perpindahan venue pertandingan BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 dari Istora Senayan ke JCC Senayan diprediksi berdampak besar soal hembusan angin. Ya, angin sangat berkaitan dalam sebuah pertandingan bulu tangkis.

JCC Senayan sebenarnya bukan gedung atau tempat untuk perhelatan olahraga. JCC yang identik digunakan sebagai tempat wisuda ini dipilih karena pihak sponsor tidak mau perhelatan Indonesia Open pindah dari Jakarta, setelah Istora Senayan direnovasi untuk Asian Games 2018.

Sirkulasi angin di JCC memang tidak dipersiapkan sebagai gedung pertandingan olahraga. PBSI pun mesti menata ulang masalah sirkulasi angin ini. Para pemain memang merasakan angin di JCC cukup kencang berhembus dan memengaruhi permainannya.

Baca juga: Marcus/Kevin Bangga jadi Tumpuan Indonesia

Namun, Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto, mengaku PBSI sudah semaksimal mungkin mengatasi masalah angin. Sejauh ini juga belum ada keluhan para peserta soal angin.

"Alhamdulilah kita belum menerima keluhan itu (soal angin), awalnya memang sempat terkendala dengan pemain, agak sulit diprediksi. Tapi jalannya pertandingan mereka bisa mengatasi, tidak ada keluhan berarti," ujar Budiharto kepada wartawan.

"Ya, sudah sepeti hal yang wajar pemain bermain di gedung yang bulat ini. Selalu akan ada efek angin seperti itu karena gedung ini kan bukan untuk olahraga, tapi untuk konser. Jadi mereka tidak memperhatikan masalah sirkulasi," lanjutnya.

"Kita sudah mengupayakan tak memakai AC sentral, AC kita set-up sendiri. Itu juga dalam pemasangan kami memperhitungkan efek minimal. Saya kira ini sudah makaimal yang bisa kita lakukan soal angin," pungkasnya.

Setelah menghabiskan babak kualifikasi pada hari ini, Indonesia Open 2017 akan mempertandingkan babak utama, Selasa 13 Juni pukul 11.00 Waktu Indonesia Barat.

Video: Jelang Indonesia Open, Lapangan JCC Belum Siap 100% 



(RIZ)