BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017

Peran Penting Pelatih asal Indonesia di Balik Penampilan Pebulu Tangkis Dunia

Krisna Octavianus    •    17 Juni 2017 21:30 WIB
bulu tangkisindonesia open super series premier 2017
Peran Penting Pelatih asal Indonesia di Balik Penampilan Pebulu Tangkis Dunia
Selain Srikanth Kidambi, pebulu tangkis nomor satu dunia Son Wan Ho juga merasakan tangan dingin pelatih asal Indonesia (Foto: Krisna Oktavianus/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua tunggal putra semifinalis BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017, Son Wan Ho (Korea Selatan) dan Srikanth Kidambi (India) merasakan sentuhan tangan dingin pelatih asal Indonesia. Kedua pemain ini merasakan ada perkembangan pada permainan mereka, setelah dilatih oleh juru taktik asal Indonesia.

Son Wan Ho yang merupakan peringkat pertama dunia tunggal putra saat ini. Ia merupakan anak asuh dari Agus Dwi Santoso. Pelatih kelahiran Malang 51 tahun yang lalu itu diketahui merupakan mantan pelatih pelatnas PBSI.

Salah satu pencapaian terbaiknya adalah membantu Hendrawan menjadi juara dunia bulu tangkis pada 2001 di Sevilla, Spanyol. Kini, pelatih yang lahir dari PB Djarum itu melatih Son Wan Ho sejak setahun terakhir.

Klik di sini: Jika tak Bahagia, Lebih Baik Alonso Mundur dari F1

Tangan dingin Agus yang pernah melahirkan Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, dan Simon Santoso itu kini dirasakan oleh Son Wan Ho. Ia merasa punya banyak perkembangan setelah tampil stabil dalam beberapa turnamen terakhir.

"Semenjak dilatih oleh pelatih Indonesia (Agus Dwi Santoso), saya merasakan perbedaanya lebih menekankan pada masalah teknis dan mental. Khusus mental, supaya mental lebih bagus lagi. Saya merasa ada perbaikan setelah dilatih oleh Agus," ungkap Son Wan Ho.

Klik di sini: Bouchard: Rafael Nadal bukan Manusia Biasa

Setali tiga uang dengan Son Wan Ho, Srikanth Kidambi juga sangat merasakan tangan dingin pelatih Indonesia. Kini, pemain berusia 24 tahun itu dilatih oleh Mulyo Handoyo. Sosok pelatih yang pernah membawa Taufik Hidayat menjadi juara Olimpiade 2004 Athena.

Mulyo Handoyo terhitung sejak Februari tahun ini adalah pelatih tunggal putra India. Ia terikat kontrak dengan timnas bulu tangkis negeri Bollywood tersebut sampai Agustus 2020.

Tangan dingin pelatih yang juga jebolan PB Djarum itu kini dirasakan oleh Srikanth Kidambi yang berhasil menembus final Indonesia Open Super Series Premier 2017. Selain itu, ia juga menjadi pelatih Pusarla V. Sindhu untuk kategori tunggal putri.

"Saya sangat berterima kasih kepada pelatih Mulyo Handoyo yang bisa mengubah semuanya menjadi baik sampai saat ini. Ia punya peran besar terhadap performa saya sejauh ini," ungkap Kidambi kepada pewarta yang berada di JCC Senayan.

Feliciano Lopez Melaju ke Semi Final Stuttgart Terbuka
 


(FIR)