Indonesia Open Super Series 2017

Menangi Perang Saudara, Fajar/Rian ke Perempat Final

Patrick Pinaria    •    15 Juni 2017 23:00 WIB
indonesia open super series premier 2017
Menangi Perang Saudara, Fajar/Rian ke Perempat Final
Pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto lolos ke perempat final Indonesia Open 2017 (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil melenggang ke perempat final Indonesia Open 2017. Torehan positif tersebut didapat usai keduanya mengalahkan kompatriotnya Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama pada babak kedua, Kamis 15 Juni 2017.

Meski menang, Fajar/Rian tidak mudah meraihnya. Buktinya, mereka butuh rubber game 21-17, 17-21, 21-15 dalam waktu 58 menit untuk melenggang ke perempat final.

Pertarungan sengit terjadi sejak game pertama. Kedua pasangan bergantian mendapat poin di awal game pertama. Skor ketat tersaji mulai dari keunggulan Angga/Ricky 4-3, hingga Fajar/Rian berbalik unggul 5-7.

Fajar/Rian akhirnya bisa mempertahankan keunggulan hingga interval babak pertama menjadi 8-11. Angga/Ricky yang merupakan unggulan kedelapan turnamen tak bisa mengejar perolehan angka Fajar/Rian selepas interval. Mereka kalah 17-21 di game pertama.

Baca juga: Langkah Greysia/Apriyani Terhenti di Babak Kedua

Pada game kedua, Angga/Ricky mencoba tampil agresif. Mereka sempat unggul 5-2 pada awal game. Mereka terus memperlebar jarak hingga skor 9-4 dan menutup interval dengan keunggulan 11-5.

Tetapi selepas interval, Fajar/Rian mulai mendekat. Setelah unggul 20-16, Angga/Ricky akhirnya menutup game kedua dengan kemenangan 21-17.

Pada game penentuan, Fajar/Rian kembali tampil bagus. Mereka unggul 2-4 di awal game dan terus menjaganya hingga skor 4-8. Fajar Alfian memeragakan permainan bagus dan membuat Angga/Ricky kesulitan. Hingga akhirnya, Fajar/Rian menutup interval dengan keunggulan 7-11.

Selepas interval, Fajar/Rian terus menjaga keunggulan di angka 9-14, 11-16, 13-17. Bahkan sempat unggul jauh 13-19. Angga/Ricky sempat mendekat di angka 15-20, namun pukulan Rian di masa match point gagal dikembalikan Angga dan membuat Fajar/Rian menang 15-21.

Baca juga: Kejutan, Della Destiara/Rosyita Singkirkan Unggulan Enam asal Tiongkok

"Menurut saya di game pertama kami duluan menyerang. Kuncinya menyerang, karena biasanya main menyerang pasti menang. Kalau melihat kondisi lapangan, main bertahan rasanya tidak memungkinkan. Mau tidak mau bagaimana caranya main menyerang. Di game kedua banyak mati sendiri. Bola yang harusnya masuk malah mati sendiri," ujar Fajar usai pertandingan.

"Memang lapangannya banyak angin. Bola juga goyang. Tapi intinya kami harus bermain main menyerang dulu. Kami tidak kagok lawan senior, malah kita ingin banget mengalahkan senior," sambungnya.

Pada perempat final, Fajar/Rian akan menghadapi pemenang antara Hendra Aprida Gunawan/Markis Kido (Indonesia) dan Dechapol Puavaranukroh/Kittinupong Kedren (Thailand).

Video: Menpora Terkejut Marcus/Kevin Tersingkir di Indonesia Open 2017
 


(RIZ)