German Open 2018

Respons Melati setelah Dianggap Keliru Melakukan Servis

Kautsar Halim    •    06 Maret 2018 21:00 WIB
bulu tangkis
Respons Melati setelah Dianggap Keliru Melakukan Servis
Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (Foto: Humas PBSI)

Mulheim an der Ruhr: Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Melati Daeva Oktavianti, mengklaim harus beradaptasi lebih baik lagi saat melakukan servis. Itu ia katakan karena servisnya dinyatakan salah sebanyak tiga kali dalam laga pembuka German Open 2018.

Melati yang berpasangan dengan Praveen Jordan tampil di German Open 2018 lewat fase kualifikasi, Selasa 6 Maret. Dalam laga itu, keduanya berhasil menaklukkan wakil Denmark, Kristoffer Knudsen/Isabella Nielsen dengan skor telak, 21-14 dan 21-11.

Skor pertandingan memang cukup meyakinkan bagi Praveen/Melati. Namun, keduanya tampak masih belum terbiasa dengan peraturan servis baru yang dikeluarkan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada beberapa waktu lalu.


Klik: Lindswell Kwok Fokus Pertajam Teknik Dasar


Terdapat empat poin terbuang lewat servis saat Praveen/Melati menaklukkan Kristoffer/Isabella. Praveen melakukan kesalahan sekali, sedangkan Melati dianggap salah servis sebanyak tiga kali. Situasi itu langsung dikomentari Melati seusai laga.

“Servis saya tiga kali di-fault sama hakim servis. Di game pertama dua kali, di game kedua sekali. Dibilangnya terlalu tinggi. Saya mencoba kalau di-fault jangan sampai kepikiran dan keganggu permainannya,” ujar Melati seperti tertuang dalam rilis Humas PBSI.

“Hari ini, kami ambil pengalaman soal aturan servis. Semoga besok bisa lebih menyesuaikan diri dengan aturan ini. Kami sudah beberapa kali latihan servis di pelatnas dengan alat pengukur tinggi servis, jadi kurang-lebih tahu batasannya seperti apa," tambahnya.

Salah satu aturan baru BWF menyebutkan, batas ketinggian melakukan servis bagi tiap pemain adalah 115 cm dari permukaan lapangan. Turnamen German Open 2018 merupakan ajang pertama yang digunakan untuk mensosialisasikan peraturan tersebut. (RO)

 


(KAU)