Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018

Pedrosa Dukung Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia

Kautsar Halim    •    08 Februari 2018 05:16 WIB
bulu tangkis
Pedrosa Dukung Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia
Tim bulu tangkis putra Indonesia untuk ajang BATC 2018. (Foto: Humas PBSI)

Alor Setar: Pebulu tangkis tunggal putra Filipina, Ros Leonard Pedrosa, mendapat pengalaman berharga usai ditaklukkan wakil Indonesia pada fase grup Badminton Asia Team Championships 2018. Oleh karena itu, ia tetap bahagia meski harus menelan kekalahan.

Jonatan Christie terpilih untuk menghadapi Pedrosa pada laga pertama. Sesuai dengan prediksi di atas kertas yang menguntungkan Jonatan, perlawanan Pedrosa pun hanya bertahan selama 29 menit karena laga selesai dengan skor, 21-15 dan 21-13.

“Saya baru tahu rasanya bertanding lawan pemain dengan kualitas seperti Jonatan karena kami tidak punya kualitas pemain seperti dia di negara kami. Jadi rasanya luar biasa,” kata Pedrosa seusai pertandingan dalam rilis Humas PBSI.


Klik: Kesiapan Jonatan Christie untuk Hadapi Wakil India


Pedrosa menjelaskan, timnas Filipina memang ditangani oleh pelatih asal Indonesia, Paulus Firman. Namun, ia dan rekan-rekannya tidak menampik bahwa kemampuan yang dimilikinya masih sangat jauh dengan para pemain unggulan Tanah Air.

Timnas bulu tangkis Filipina, dipaparkan Pedrosa, memiliki jadwal latihan sekitar enam jam per hari yang terbagi menjadi dua sesi, yakni pagi dan siang. Khusus para pemain muda, mereka juga tetap bersekolah seusai mengikuti sesi latihan pagi.

"Kami harus banyak latihan lagi. Dari pertandingan tadi, saya belajar bagaimana untuk lebih fokus dan melatih stroke lebih baik lagi,” ujar Pedrosa.


Klik: Ditantang Tiongkok, Kans Tim Putri Indonesia Terbuka


Filipina memang tidak mematok target muluk-muluk di ajang BATC 2018. Tujuan utama mereka bukan untuk merebut gelar juara, melainkan hanya mencari pengalaman bertanding di kompetisi internasiona serta merasakan kekuatan pemain kelas dunia.

Karena sudah merasakan langsung kekuatan tim bulu tangkis putra Indonesia, Pedrosa pun yakin skuat Merah Putih bisa mempertahankan gelar juara di ajang BATC. Terlebih lagi, ia juga mengetahui jika Indonesia diperkuat oleh ganda putra terbaik dunia.

“Indonesia punya kans besar untuk juara di sini, semua pemainnya sangat kuat. Apalagi ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang merupakan pasangan rangking satu dunia,” tutup Pedrosa.

 


(KAU)