Indonesia Masters 2018

Kevin/Marcus ke Semifinal Berkat Instruksi Pelatih

Kautsar Halim    •    26 Januari 2018 19:52 WIB
bulu tangkisolah raga
Kevin/Marcus ke Semifinal Berkat Instruksi Pelatih
Herry Iman Pierngadi diapit Kevin Sanjaya (kiri) dan Marcus Gideon (kanan)-Medcom.id/Kautsar Halim

Jakarta: Ganda putra terbaik dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melaju ke semifinal Indonesia. Tren positif itu tidak didapat keduanya dengan mudah. Di perempat final, keduanya harus bertarung hingga rubber game.

Kevin/Marcus yang berhadapan dengan Chen Hung Ling/Wang Chi Lin asal Taiwan pada perempat final, Jumat 26 Januari, harus menutup laga dengan skor 20-22, 21-14, dan 21-14. Laga berlangsung selama 45 menit.

Chen/Wang yang juga unggulan ketujuh di turnamen, mampu merebut game pertama dengan skor deuce. Namun setelah itu, Kevin/Marcus langsung bangkit dan tampil konsisten pada dua game selanjutnya.

Baca juga: Singkirkan Chen Long, Anthony Ginting ke Semifinal

Seusai laga, Kevin/Marcus mengatakan terpaksa kecolongan pada game pertama karena buru-buru ingin menang. Namun, masukkan dari pelatih membuat keduanya bertekad tidak melakukan kesalahan pada game kedua dan ketiga.

"Kami main terburu-buru pada game pertama. Jadi, mainnya enggak tenang dan sering melakukan kesalahan sendiri," ujar Marcus dalam jumpa pers seusai laga.

"Tapi pada game berikutnya, kami mulai tenang dan lebih fokus. Mulai dari situ, raihan poin lebih mudah didapat," timpal Kevin.

Pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi, berperan penting bangkitnya Kevin/Marcus pada perempat final. Ia berhasil memberikan instruksi tepat agar kedua anak asuhnya keluar dari tekanan sehingga mampu membalikkan keadaan 

Baca juga: Kunci Kemenangan Anthony Ginting atas Chen Long

"Irama permainan mereka agak turun waktu memulai permainan. Itu tidak menguntungkan karena servis lawan sangat bagus," ujar Herry mengevaluasi permainan Kevin/Marcus.

"Ketika game kedua saya katakan kepada mereka, kuncinya adalah bermain di depan dan jangan buru-buru. Pokoknya, harus lebih banyak cover bola depan," tambahnya. 

Kevin/Marcus adalah satu-satunya wakil ganda putra Indonesia yang masih bertahan di Indonesia Masters 2018. Lawan mereka selanjutnya di semifinal adalah pemenang pertandingan antara Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding (Denmark) kontra Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India).

Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Debut Para Pasangan Baru Pelatnas

 


(RIZ)