Wejangan Liliyana Natsir untuk Praveen/Melati

Kautsar Halim    •    27 Januari 2018 23:01 WIB
Wejangan Liliyana Natsir untuk Praveen/Melati
Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad seusai bertarung dengan Praveen Jordan/Daeva Melati Oktavianti. (Foto: Humas PBSI)

Jakarta: Pebulu tangkis ganda campuran terbaik Tanah Air, Liliyana Natsir, memberikan wejangan kepada juniornya, Praveen Jordan/Daeva Melati Oktavianti. Ia mengimbau agar Praveen/Melati tampil lebih tenang ketika menghadapi lawan yang lebih hebat.

Liliyana bersama pasangannya, Tontowi Ahmad, sempat menjajal permainan Praveen/Melati pada semifinal Indonesia Masters 2018, Sabtu 27 Januari. Saat itu, Tontowi/Liliyana keluar sebagai pemenang dengan skor straight game 22-20 dan 21-17.

Seperti tertera dalam skor akhir, Praveen/Melati berhasil memaksa Tontowi/Liliyana bermain hingga skor deuce untuk merebut game pertama. Namun, game pertama itu tetap dimenangkan Tontowi/Liliyana karena Praveen/Melati tampil kurang konsisten.

Meski keluar sebagai pemenang, Liliyana tetap mengapresiasi usaha yang dilakukan Praveen/Melati. Bahkan ia beranggapan ganda campuran yang baru dipasangkan pada akhir 2017 itu berpotensi sebagai pemain papan atas.

Klik: Chen Long Mengakui Kehebatan Anthony Ginting

Agar itu bisa terwujud, Liliyana berharap agar keduanya bisa mengambil hikmah dari kekalahan di semifinal Indonesia Masters 2017. Menurutnya, Praveen/Debby bisa saja memenangkan pertandingan dengan lawan yang lebih senior asal tampil lebih tenang.  

“Mudah-mudahan Praveen/Melati bisa belajar dari pengalaman hari ini dan bisa tampil lebih tenang ketika menghadapi lawan yang lebih senior. 

"Terutama bagi Melati yang sudah lama enggak main di level Superseries dan belum mencicipi permainan pemain top dunia," tambahnya.

"Melati memang masih canggung dan takut dalam pertandingan tadi, tapi dia sudah tampil dengan baik secara keseluruhan. Setidaknya, permainan dia sudah keluar dalam laga tadi," lanjut Liliyana. 

Tontowi/Liliyana merupakan salah satu dari empat wakil Indonesia yang lolos ke final. Selain mereka, masih ada Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (ganda putra) dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri).

Pada final, Minggu 28 Januari, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan unggulan keenam asal Tiongkok, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Tiket babak pamungkasi diraih Zheng/Huang setelah menghabisi perlawanan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie, 21-18 dan 21-14.

Video: Etape 3 Tour de Indonesia Resmi Dimulai
 
(KAU)