German Open 2018

Fajar/Rian Terhempas di Final, Indonesia Tanpa Gelar

Kautsar Halim    •    12 Maret 2018 06:28 WIB
bulu tangkis
Fajar/Rian Terhempas di Final, Indonesia Tanpa Gelar
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: Humas PBSI)

Mulheim an der Ruhr: Indonesia gagal memanfaatkan satu-satunya peluang untuk menyabet gelar juara German Open 2018. Itu terjadi lantaran Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terhempas pada fase final, Minggu 11 Maret waktu setempat.

Fajar/Rian yang tampil di nomor ganda putra bentrok dengan Takuto Inoue/Yuki Kaneko pada fase final. Ganda putra asal Jepang itu hanya butuh waktu 38 menit untuk mengakhiri laga dengan skor, 21-16 dan 21-18.

Jalannya pertandingan tetap berlangsung sengit meski memakan waktu cukup singkat. Fajar/Rian mampu memberikan perlawanan dan membuat lawannya kerepotan di sepanjang laga.


Klik: Langkah Jonatan Christie Terhenti di Perempat Final


Ketika memainkan game pertama, Fajar/Rian berhasil memimpin raihan poin hingga hingga 10-7. Namun setelah itu, servis Fajar dinyatakan fault sebanyak empat kali. Hal ini langsung mempengaruhi permainan Fajar/Rian yang merupakan unggulan ketujuh.

Fajar/Rian berhasil bangkit dan unggul hingga 11-6 pada game kedua. Namun lagi-lagi servisnya dipermasalahkan wasit. Kali ini, servis Fajar bahkan dinyatakan salah sebanyak lima kali. Terganggu dengan keputusan tersebut, Takuto/Yuki langsung mengambil keuntungan dengan memenangkan laga.   


Klik: Reuni, Hendra/Ahsan Fokus Berburu Poin


“Dari pertama sudah enak banget mainnya, tetapi karena servis saya dinyatakan fault, konsentrasi saya jadi buyar. Saya jadi memikirkan bagaimana supaya servisnya tidak di-fault. Di game kedua juga sudah memimpin jauh, tapi waktu di-fault lagi, ini pengaruhnya besar buat saya,” kata Fajar seusai laga seperti dikutip dari rilis Humas PBSI.

Fajar/Rian bisa melangkah ke semifinal setelah menaklukkan seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Keduanya merupakan pebulu tangkis Indonesia yang mampu melangkah paling jauh di ajang German Open 2018. Dengan adanya kegagalan di final artinya Indonesia harus mengakhiri turnamen tanpa gelar juara.

 


(KAU)