China Open 2018

Terhempas di Semifinal, Kevin/Marcus Merasa Dirugikan Hakim Servis

Kautsar Halim    •    22 September 2018 22:54 WIB
bulu tangkis
Terhempas di Semifinal, Kevin/Marcus Merasa Dirugikan Hakim Servis
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. (Foto: Humas PBSI)

Changzhou: Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, belum berhasil mempertahankan gelar China Open. Keduanya dikalahkan Han Chengkai/Zhou Haodong pada fase semifinal, Sabtu 22 September 2018.

Kevin/Marcus yang berstatus sebagai ganda putra terbaik dunia sudah memberikan perlawanan terbaik selama 46 menit. Namun, mereka kecolongan pada game ketiga sehingga harus menyerah dengan dengan skor, 19-21, 21-11, 17-21

Menurut rilis Humas PBSI, Kevin/Marcus tak dapat mengatasi permainan cepat dan keras yang dimainkan Han/Zhou. Servis Marcus yang dinyatakan fault oleh wasit sempat memecah konsentrasi pada game ketiga.

"Memang berpengaruh (servis dinyatakan fault). Dengan kondisi shuttlecock yang kencang seperti ini, kalau sudah tidak konsentrasi dengan servis, mau main bagaimana?" kata Kevin.

"Servis saya dianggap fault empat kali, dari poin saja sudah rugi. Situasi ini merusak fokus kami ketika akan servis. Saya rasa sebaiknya ada alat pengukurnya (untuk servis) jadi bisa lebih fair," timpal Marcus.

Klik: Greysia/Apriyani Gugur, Indonesia Hanya Kirim Satu Wakil ke Final

Pada game pertama, Kevin/Marcus gagal mengamankan poin-poin kritis saat kedudukan imbang 18-18. Serobotan cepat yang dilakukan Han/Zhou membuat Kevin/Marcus tak leluasa mengembalikan bola.

Ketika memainkan game kedua, Kevin/Marcus sama sekali tidak memberikan kesempatan kepada Han/Zhou untuk mengembangkan permainan. Keduanya pun mampu menang mutlak dengan durasi lebih cepat.

Klik: Lee Chong Wei Mengidap Kanker Hidung

Seperti sudah diprediksi, game ketiga berlangsung sengit. Kevin/Marcus kembali tak dapat mengontrol poin-poin kritis saat kedudukan imbang, 16-16. Han/Zhou pun memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

"Soal lawan hari ini, ya kurang lebih tipe permainan mereka sama dengan pasangan Tiongkok yang lain," pungkas Marcus.

Selain Kevin/Marcus, masih ada dua wakil Indonesia lainnya yang berlaga di semifinal, yakni Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri). Namun, hanya Anthony saja yang lolos ke final karena menang dari Chou Tien Chen. (RO)




(KAU)