Jelang All England 2018

Aturan Servis Diubah, Eng Hian Waspadai Emosi Ganda Putri Indonesia

Kautsar Halim    •    23 Februari 2018 23:24 WIB
bulu tangkis
Aturan Servis Diubah, Eng Hian Waspadai Emosi Ganda Putri Indonesia
Ganda putri Indonesia Nitya Krishinda (kanan) dan Gresya Polii (kiri) bergembira bersama pelatih mereka Eng Hian. (ANTARA FOTO/SAPTONO)

Jakarta: Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, merespons aturan baru Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tentang cara servis. Menurutnya, aturan itu berpotensi mengganggu mental anak-anaknya ketika bertanding.

"Perhatian saya saat ini yaitu bagaimana mengendalikan emosi para pemain saat servis," kata Eng Hian di pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat 23 Februari.

Aturan baru BWF menyebutkan tiap pemain harus melakukan servis dengan batas ketinggian 115 cm. Bagi Eng Hian, anak-anak asuhnya tidak ada masalah untuk beradaptasi dengan peraturan tersebut.
 

Klik: Sektor Ganda Putra Masih jadi Tumpuan Indonesia


Ia hanya mengkhawatirkan adanya keputusan wasit yang kurang tepat ketika melakukan servis. Sebab, tidak mudah untuk mengukur batas ketinggian jika hanya mengandalkan penglihatan.

"Apakah ada aturan khusus terkait jarak pandang dari hakim servis? Itu akan mempengaruhi emosi atlet. Tapi, pak Edy sebagai wasit asal Indonesia mengatakan tidak ada aturan itu," ujar pelatih yang akrab disapa Koh Didi tersebut.


Klik: Jelang All England, Kondisi Marcus Fernaldi Belum 100%


Koh Didi mengaku telah menyiapkan sejumlah strategi kepada para pemainnya apabila dihadapkan dengan keputusan wasit yang tidak tepat. Salah satu caranya dengan menjaga kestabilan mental di sepanjang pertandingan.

"Bagi pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, saya minta mereka agar tidak terlalu percaya diri berlebihan ataupun merasa tertekan dari lawan. Dengan begitu, harapan pun bisa tetap terjaga," pungkas Koh Didi.

Aturan servis baru akan diberlakukan dalam turnamen All England yang berlangsung di Birmingham, Inggris pada 14-18 Maret. Selain Greysia/Apriyani, sektor ganda putri Indonesia juga akan diperkuat oleh pasangan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani dan Della Destiara Haris/Rizki Amelia. (ANT)





(KAU)