Bulu tangkis

Sulsel Tuan Rumah Sirkuit Nasional 2018

Andi Aan Pranata    •    29 Januari 2018 17:59 WIB
bulu tangkisolah raga
Sulsel Tuan Rumah Sirkuit Nasional 2018
Wakil Ketua PBSI Sulsel Atmam Amin (kedua kiri) menandatangani MoU dengan panitia Sirnas 2018-Medcom.id/Andi Aan

Makassar: Sulawesi Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan bulu tangkis tahunan Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) 2018. Menurut agenda Pengurus Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulsel, hajatan ini digelar di Gelanggang Olah Raga Sudiang, Makassar, Sulsel, pada 6-11 Agustus 2018.

Sirkuit Nasional adalah rangkaian kejuaraan bulu tangkis terbesar di Indonesia, yang memainkan pertandingan tunggal putra, tungga putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran di kelompok usia remaja (U-17), taruna (U-19) dan dewasa.

Humas PBSI Sulsel Michael Kiky, mengungkapkan ini merupakan kali ketiga Makassar jadi tuan rumah. Sebelumnya, kejuaraan serupa digelar di lokasi sama pada tahun 2014 dan 2016.

Baca juga: Disinggung Soal Kutukan Istora, Begini Respons Tontowi/Liliyana

“PBSI Sulsel telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan panitia pelaksana Djarum Sirnas 2018. Kami juga sudah bertemu dengan PP PBSI untuk membahas rencana pelaksanaan kejuaran ini,” kata Kiky di Makassar, Senin 29 Januari 2018.

Ajang Sirnas juga merupakan wadah uji kompetensi atlet di level klub. Lewat Sirnas biasanya muncul bibit-bibit potensial yang nantinya mengemban tugas untuk melanjutkan tongkat estafet. Ajang Sirnas sekaligus mendukung berjalannya regenerasi pebuku tangkis di masa datang.

Pada pelaksanaan Djarum Sirnas tahun lalu, PB Jaya Raya Jakarta menyabet gelar juara umum. Klub asal ibu kota itu memborong lima gelar dari 15 kategori yang dipertandingkan. Sementara, PB Exist Jakarta menjadi peraih gelar terbanyak kedua setelah menyabet tiga gelar juara.

Baca juga: Kesuksesan Kevin/Marcus Langsung Diacungi Jempol oleh JK

Kiky menyebut penunjukan Sulsel sebagai tuan rumah sudah tepat. Selain berpengalaman dua kali, Makassar juga mempunyai sarana dan prasarana yang mendukung.

“Selanjutnya Pengprov PBSI Sulsel akan fokus mempersiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan Sirnas 2018 dapat berjalan lancar dan sukses. Termasuk para atlet yang akan diturunkan pada ajang nanti,” ujar Kiky.

Selain menjadi tuan rumah Djarum Sirnas 2018, Sulsel juga dipastikan tuan rumah turnamen bulu tangkis Daihatsu Astec Open 2018 di GOR Dafest Daya, pada 3-7 April 2018.

Baca juga: Kemenangan Anthony Ginting di Final tak Lepas dari Peran Suporter

Selain event nasional, PBSI Sulsel juga mengadakan kegiatan lokal. Di antaranya Porda 2018 cabang bulu tangkis dan Kejurprov 2018.

"Dalam waktu dekat, kami juga menggelar penyegaran wasit dan sosialisasi sistem informasi kepada pengurus kabupaten/kota,” kata Kiky.

Video: Pebalap Yunani Tercepat di Etape Ketiga Tour de Indonesia 2018
 


(RIZ)